Jumat 11 Sep 2015 13:39 WIB

Lahm Sudah Rencanakan Waktu Gantung Sepatu

Rep: C17/ Red: Israr Itah
Philipp Lahm
Foto: REUTERS/Michael Dalder
Philipp Lahm

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Pada usia yang sudah menginjak kepala tiga, kapten Bayern Munchen Philipp Lahm sudah memikirkan langkah yang akan diambil ke depan. Ia memastikan akan gantung sepatu pada 2018.

Usai membawa Timnas Jerman menjadi juara di Piala Dunia 2014, Lahm langsung memutuskan pensiun dari tugas negara. Kini, pemain bertubuh mungil itu dengan tegas memutuskan kepastian pensiun sepenuhnya dari dunia sepak bola.

"Sudah jelas saya akan pensiun pada 2018. Adalah hal baik untuk saya bisa menyiapkan tanggal yang pasti,” kata Lahm, seperti diberitakan Four Four Two, Jumat (11/9).

Sebelumnya, Lahm sempat dikabarkan akan kembali berlaga di timnas Jerman, setidaknya hingga Piala Eropa 2016. Meski demikian, sosok yang berkontribusi membawa Bayern meraih treble itu menegaskan tetap pada keputusan awalnya.

"Saya juga menyiapkan waktu kepergian saya sejak lama. Inilah mengapa saya yakin 100 persen dengan keputusan saya dan tidak pernah menyesal dengan langkah yang sudah saya ambil," papar andalan Die Rotten tersebut.

Sudah banyak prestasi dan gelar juara yang diraih Lahm, baik bersama Die Nationalmannschaft mau pun Bayern. Total 19 trofi diraihnya bersama FC Hollywood.

Bersama Jerman, ia meraih gelar juara dunia pada 2014, setelah sebelumnya menempati peringkat ketiga di Piala Dunia 2006 dan 2010.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement