Sabtu 19 Sep 2015 17:25 WIB

Mitra Kukar Kalahkan PSM pada Leg Pertama Perempat Final

Rep: Ali Mansur/ Red: Israr Itah
Logo Piala Presiden
Foto: persib
Logo Piala Presiden

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mitra Kukar berhasil memanfaatkan keuntungan bermain di kandang saat menjamu PSM Makassar pada leg pertama perempat final Piala Presiden. Naga Mekes menang dengan skor tipis 1-0 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Sabtu (19/9) sore WIB lewat gol Carlos Raul.

Tim tamu hampir mencuri gol lebih dulu, saat pertandingan baru berjalan lima menit melalui Syamsul Haeruddin. Setelah melihat penjaga gawang Mitra Kukar Rizky Mokodompit terlalu maju dari sarangnya, Syamsul melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Beruntung bagi Mitra, bola sepakannya masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Pada menit ke delapan, gelandang asing Mitra Kukar Carlos Raul berhasil menjebol gawang PSM Makassar lewat sundulan kerasnya. Berawal dari dari tendangan penjuru yang dilakukan oleh Hendra Bayauw, bola mengarah ke tengah kotak enam belas. Carlos Raul yang datang dari lini kedua langsung menyambar bola ke pojok kanan atas. Dimas Galih tak bisa mengantisipasinya, Mitra Kukar unggul 1-0.

Pada menit ke-12, tim tuan rumah hampir menggandakan keunggulan. Hendra Bayauw merangsek ke area pertahanan PSM Makassar. Setelah mengelabui satu pemain bertahan PSM Makassar, Hendra Bayauw langsung memberikan umpan silang ke mulut gawang. Sayang sebelum disambar rekannya, bola berhasil diblok pemain lawan. 

Jelang water break Carlos Raul berkesempatan mencetak gol kedua ke gawang Dimas Galih. Pemain belakang Ok John memberi umpan pada Rahmat Afandi. Kemudian dengan tembakkan volinya, Rahmat Afandi memberikan umpan matang kepada  ke Carlos yang masuk dari lini kedua. Tapi pencetak gol pertama Mitra Kukar itu masih belum bisa mengonversi umpan Rahmat Afandi menjadi gol.

Mitra Kukar terus menekan PSM meski telah unggul 1-0 di paruh pertama. Pada menit  ke-46, Naga Mekes kembali memiliki kesempatan untuk menggandakan keunggulan tuan rumah. Pemain yang pernah merumput bersama Semen Padang itu lolos dari jebakan offside dan hanya tinggal berhadapan langsung dengan Dimas Galih. Sayang, tendangannya masih bisa diantisipasi oleh penjaga gawang PSM itu.

Hanya selang satu menit giliran ujung tombak berpeluang mencatatkan namanya di papan skor. Berawal tendangan keras Defri Riski dari luar kotak penalti, yang ditepis oleh Dimas Galih. Namun tepisannya kurang sempurna dan menghasilkan bola rebound, Rahmat Afandi yang sudah berdiri dimulut gawang berupaya memanfaatkan bola liar itu dengan tendangan salto. Beruntung bagi PSM.

Saat pertandingan memasuki menit ke-71, pemain terbaik Indonesia Super League (ISL) musim lalu, Ferdinand Sinaga hampir menyamakan. Pemain pinjaman dari Sriwijaya FC itu berhasil melakukan duel dengan bek Ok John di dalam area kotak penalti. Sayangnya Ferdinand Sinaga masih belum bisa melewati bek Mitra Kukar lainnya.

Jelang berakhirnya babak kedua pemain bernomor punggung 17, Dinan Javier hampir menjebol gawang PSM Makassar. Hanya saja sepakannya yang sudah melewati penjaga gawang sedikit membelok. 

Dengan kemenangan ini, Mitra Kukar hanya membutuhkan hasil imbang pada leg kedua untuk bisa melaju ke semifinal Piala Presiden. Sementara PSM Makassar harus menang dengan minimal 2-0 pada putaran kedua di Stadion Andi Mattalatta Matoanging pada Sabtu (26/9).

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement