Jumat 25 Sep 2015 14:00 WIB

Rekor Bojan Krkic

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Fernan Rahadi
Bojan Krkic
Foto: AP
Bojan Krkic

REPUBLIKA.CO.ID, Pada 19 September 2007, klub Spanyol Barcelona mengalahkan Lyon 3-0 pada babak penyisihan grup Liga Champions. Ini menjadi pertandingan penting bagi striker muda Barcelona, Bojan Krkic. Masuk pada menit ke-88 untuk menggantikan striker Lionel Messi, pemain kelahiran Linyola, Spanyol, 28 Agustus 1990 ini menjadi pemain Barca termuda yang pernah tampil dalam kompetisi tersebut.

Tiga hari sebelumnya, pada usianya yang ke-17 tahun dan 19 hari, dia memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Lionel Messi, ketika ia memasuki lapangan pada menit ke-78 melawan Osasuna. Krkic menjadi pemain Barca termuda yang tampil di pertandingan liga. Selanjutnya, dia membuat total 48 penampilan untuk klub yang kini diasuh Luis Enrique tersebut. Sayang, Barca mengakhiri musim tersebut tanpa raihan trofi.

 

Pada musim berikutnya, klub yang berdiri pada 1899 ini mulai memperbaiki situasi. Musim itu, Krkic telah mencatatkan 42 penampilan di semua kompetisi dan menyumbang 10 gol. Barca pun sukses meraih enam gelar yakni La Liga, Liga Champions, Copa del Rey, Supercopa de Espana, Piala Super UEFA, dan FIFA Club World Cup.

Bojan, nama sapaan Krkic, memulai kariernya di Barca setelah lulus dari akademi La Masia. Ia membuat debut pertama timnya pada usia 17 tahun 19 hari, mengalahkan rekor yang sebelumnya dicatat Lionel Messi yang sebelumnya membuat debut pada usia 17 tahun tiga bulan dan 22 hari.

Pada musim debutnya, Bojan mencetak 12 gol dalam 48 pertandingan. Total selama empat musim di Camp Nou, ia mencetak total 41 gol dalam 162 pertandingan, sebelum akhirnya ia pindah ke klub Italia AS Roma pada Juli 2011. Saat itu, pemain keturunan Serbia itu ditransfer dengan biaya sebesar 12 juta euro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement