Kamis 01 Oct 2015 12:33 WIB

FIFA Larang Jack Warner Berkecimpung di Sepak Bola Seumur Hidup

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Israr Itah
Jack Warner
Foto: Reuters
Jack Warner

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Mantan wakil presiden FIFA Jack Warner dilarang seumur hidup bergelut dalam sepak bola. Hukuman dijatuhkan oleh Komite Etik FIFA. Warner mengundurkan diri dari FIFA pada 2011, setelah ia terkena skandal suap. Ia digambarkan sebagai sosok kunci yang terlibat dalam transaksi ilegal. 

Sebuah pernyataan dari komite etik menyebutkan, Warner terbukti telah banyak melakukan pelanggaran secara berulang-ulang selama menjabat di berbagai posisi tinggi dan berpengaruh di FIFA dan CONCACAF. 

"Dalam posisinya sebagai pejabat sepak bola, dia adalah pemain kunci dalam skema yang melibatkan tawaran, penerimaan, dan menerima bayaran yang dirahasiakan dan ilegal, di samping skema penyusunan uang lainnya," bunyi pernyataan Komite Etik FIFA, seperti dilansir dari Sports Mole, Kamis (1/10). 

Sementara itu, Warner menanggapi sanksi tersebut yang mengklaim itu bukanlah suatu kebetulan. Ia mengklaim larangan ini untuk mengalihkan perhatian dari Sepp Blatter dan Michel Platini yang juga tengah di bawah pemeriksaan.

Ia membiarkan larangan seumur hidup dari sepakbola oleh FIFA tanpa melalui sidang. Menurutnya, dia meninggalkan FIFA pada April 2011, sementara larangan datang pada September tahun ini. 

"Saya tidak percaya, bagaimanapun ini akan mengalihkan perhatian untuk masalah FIFA, sebagaimana FIFA menginginkan hal itu terjadi," kata Warner. 

Menurutnya tidak ada hal yang kebetulan mengingat pemeriksaan yang tengah berlangsung pada Blatter. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement