Kamis 01 Oct 2015 16:08 WIB

Delapan Pesepak Bola Timnas Wanita Iran Diklaim Transeksual

Rep: C17/ Red: Israr Itah
Timnas Sepak Bola Perempuan Iran yang dilarang bertanding di Olimpiade London 2012 hanya karena mengenakan jilbab dan pakaian tertutup.
Foto: Reuters
Timnas Sepak Bola Perempuan Iran yang dilarang bertanding di Olimpiade London 2012 hanya karena mengenakan jilbab dan pakaian tertutup.

REPUBLIKA.CO.ID, TAHERAN -- Kabar mengejutkan datang dari sepak bola Iran. Bocor informasi delapan pemain yang terdaftar sebagai anggota timnas wanita Iran berjenis kelamin pria.

Hal tersebut diutarakan oleh salah satu ofisial yang dekat dengan Liga Iran, Motjabi Sharifi. "Delapan pemain yang pernah bermain bagi timnas sepak bola wanita Iran belum merampungkan operasi perubahan jenis kelamin," ungkap Sharifi kepada salah satu laman berita Iran, seperti dikutip Telegraph, Rabu (30/9).

Pada Rabu, otoritas sepak bola setempat dilaporkan menggelar tes untuk seluruh pemain di timnas perempuan Iran serta sejumlah pemain top liga lokal. Tidak disebutkan pemain mana saja yang berjenis kelamin lelaki. 

Tuduhan pemalsuan jenis kelamin dalam timnas perempuan Iran memang sempat gencar tersiar tahun lalu. Ketika itu pihak Federasi Sepak Bola Iran (FFIRI) memperkenalkan pemeriksaan acak kepada para pemain. Ini setelah terungkap empat pemain merupakan lelaki atau belum sepenuhnya melakukan operasi ganti kelamin.

Namun untuk kasus yang saat ini sedang berkembang, FFIRI masih belum memberikan pernyataan resmi mereka. Jika memang tuduhan itu terbukti benar adanya, maka FIFA selaku induk sepak bola tertinggi bakal menindak tegas FFIRI.

Seperti dilaporkan Telegraph, operasi ganti kelamin dilegalkan di Iran. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement