Senin 05 Oct 2015 17:31 WIB

KONI Kecam Tim Transisi Soal Pra-PON

Rep: Ali Mansur/ Red: Citra Listya Rini
Tono Suratman
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Tono Suratman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum KONI, Tono Suratman berang kepada Tim Transisi yang mengakibatkan pelaksanaan Pra-PON batal digelar. Dua zona yakni Kalimantan dan Sulawesi, Ahad (4/10) kemarin gagal menjalankan laga perdana Pra-PON karena tidak mendapat izin dari polda setempat karena surat dari Tim Transisi.  

Seperti diketahui, sebelumnya tim Transisi mengirimkan Surat bernomor 175/TT-KEMENPORA/IX/2015 kepada seluruh Asprov dengan tembusan kepada Mabes Polri yang isinya Asprov harus tunduk di bawah Tim Transisi. Jika dilanggar, maka mereka akan mengambil tindakan hukum sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"KONI sangat prihatin dengan hal ini, kami kecewa adanya campur tangan tim Transisi dalam pelaksanaan Pra PON sepak bola. Apalagi pengaturan jadwal Pra-PON sudah diatur oleh PB PON dan KONI," kata Ketua Umum KONI Tono Suratman, Senin (5/10).

Tono membeberkan bahwa pelaksanaan Pra-PON cabor sepak bola memang diserahkan kepada PSSI. Namun, KONI dan PB PON menjadi penanggung jawabnya.  Tono menegaskan sikap Tim Transisi jelas menyalahi aturan.

Disebutnya, Tim Transisi tidak seharusnya berada dalam PON karena memang mereka tidak termasuk dalam organisasi Pra-PON. Tim Transisi juga sudah merusak jadwal pertandingan dan itu sangat tidak baik dalam pembinaan prestasi ke depan.

Hingga saat ini Tono belum berkomunikasi lebih lanjut dengan pihak Tim Transisi. Pun, ia mengaku belum mengenal siapa-siapa saja yang menjadi anggota Tim Transisi.

Menurutnya intervensi yang dilakukan oleh Tim Transisi kelewat jauh. Tono khawatir sepak bola tidak bisa dipertandinan di ajang PON, jika ini terjadi menurutnya akan menjadi sejarah buruk bagi KONI.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement