Kamis 08 Oct 2015 04:05 WIB

Johan Cruyff: Ronaldo Bukan Pemain Tim Seperti Messi

Rep: C39/ Red: Yudha Manggala P Putra
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo
Foto: AP Photo/Emilio Morenatti
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, SPANYOL -- Mantan pemain dan pelatih Barcelona Johan Cruyff mengatakan bahwa Ronaldo bukanlah pemain tim seperti halnya Lionel Messi.  Sebagai pemain klub bertabur bintang, Ronaldo dianggap sebagai  "pencetak gol yang hebat", namun tidak dapat bermain secara tim.

“Cristiano adalah pemain yang baik, tapi dia adalah pencetak gol. Dia tidak akan pernah menjadi pemain yang bisa membuat sebuah tim, sebaliknya Messi lebih sebagai pemain tim,” katanya seperti dilansir espnfcasia, Kamis (8/10).

Menurutnya, Ronaldo tidak akan berpikir tentang permainan timnya, Ronaldo hanya khawatir tentang cara membuat gol. Sementara, Messi bisa membuat lebih banyak assist dan bukan sebagai pencetak gol, meskipun Messi juga mencetak gol.

"Saya selalu menyukai pemain yang sedikit teknis, karena saya seperti itu," kata pelatih berusia 68 tersebut.

Cruyff menyatakan bahwa perbedaan antara menjadi pemain besar dan pencetak gol besar terlalu bijak untuk dipahami penggemar sepak bola.

"Bagi saya ada perbedaan besar antara menjadi pemain hebat dan pencetak gol,itulah mengapa Anda harus melihat sesuatu yang berbeda, melihatnya lebih rinci. Sangat sedikit orang melakukan itu. Sulit untuk menjelaskan karena tidak ada yang akan memahaminya,” jelasnya.

Meskipun saat ini Messi cedera, kata dia Messi masih menjadi favorit untuk menang dalam penghargaan Ballon d'Or, dan merebut kembali trofi yang diraih Ronaldo pada 2013 dan 2014 musim lalu.

"Tidak ada perdebatan, tidak ada yang di tingkat Messi. Mereka akan memberikan kepadanya lagi,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement