Jumat 09 Oct 2015 04:43 WIB

Irlandia Kalahkan Jerman, Persaingan Grup D Sengit

Gelandang Jerman Marco Reus (kiri) berebut bola dengan pemain Irlandia Jeff Hendrick
Foto: REUTERS/Phil Noble
Gelandang Jerman Marco Reus (kiri) berebut bola dengan pemain Irlandia Jeff Hendrick

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Jerman secara mengejutkan kalah 0-1 dari Irlandia dalam lanjutan kualifikasi Grup D Piala 2016 di Aviva Stadium, Dublin, Jumat (9/10) dini hari WIB. Hasil ini membuat persaingan di Grup D makin sengit.

Jerman memimpin Grup D dengan nilai 19, hanya unggul satu poin dari posisi kedua Polandia yang ditahan imbang Skotlandia 2-2. Adapun Irlandia mengumpulkan nilai sama dengan Polandia, hanya kalah selisih gol.

Ini membuat persaingan dua tim yang akan lolos langsung ke Prancis tahun depan baru akan ditentukan pada laga terakhir. Jerman praktis cukup aman karena akan menjamu Georgia di kandang sendiri. Sementara Polandia harus saling jegal dengan Irlandia pada laga terakhir.

Satu-satunya yang akan membuat posisi Jerman sulit ialah kalah dari Georgia dengan skor cukup telak, sementara di sisi lain Polandia bermain imbang dengan Irlandia. Jerman, Polandia, dan Irlandia akan mengumpulkan nilai yang sama yakni 19 dan bakal ada perhitungan lanjutan untuk menentukan tim yang lolos.

Jerman membuka peluang pada menit kesembilan lewat sundulan Jerome Boateng usai menerima umpan sepakan pojok, tetapi bola melambung tipis di atas mistar gawang.

Mesut Oezil sempat mencetak gol pada menit ke-19 namun wasit menganulirnya akibat posisi pemain Arsenal ini yang terlebih dahulu terperangkap offside.

Gol kemenangan Irlandia tercipta pada menit ke-70 lewat gol Shane Long. Menerima operan panjang dari penjaga gawang, Long yang lepas dari kawalan pemain belakang Jerman, sukses menandukkan Neuer dengan melesakkan tendangan dari sisi kanan gawang.

Delapan menit berselang Jerman nyaris menyamakan kedudukan lewat sepakan Thomas Mueller. Menerima umpan silang Hector, Muller yang tak terkawal berhasil melesakkan tendangan keras dari luar kotak penalti, sayangnya bola melenceng tipis dari sasarannya.

Susunan pemain:

Irlandia: Given (Randolph), Christie, Keogh, O'Shea, Ward (Meyler), McCarthy, Hendrick, Brady, Hoolahan, Murphy (Long), Walters

Jerman: Neuer, Ginter (Bellarabi), Boateng, Hummels, Hector, Gündogan (Volland), Kroos, Müller, Özil, Reus, Götze (Schuerrle)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement