Jumat 09 Oct 2015 06:36 WIB

Loew: Kekalahan Jerman tak Perlu

Rep: Frederikus D Bata/ Red: Israr Itah
Joachim Loew
Foto: REUTERS/Phil Noble
Joachim Loew

REPUBLIKA.CO.ID, DUBLIN -- Kejutan terjadi dalam lanjutan kualifikasi Grup D Piala Eropa 2016. Juara dunia Jerman tumbang 0-1 di tangan Repubik Irlandia di Stadion Aviva, Dublin, Jumat (9/10) dini hari WIB.

Pelatih Jerman Joachim Loew  merasa sangat kecewa. Sebab, hampir sepanjang laga Die Mannschaft mendominasi permainan. Pun demikian dengan peluang mencetak gol.

"Ini kekalahan yang tak diduga dan tak perlu," kata Loew dikutip dari laman UEFA.

Sejak awal ia telah menduga, Irlandia bakal bermain bertahan. Tetapi ia melihat masih ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh Marco Reus dan rekan-rekan. Terbukti banyak peluang tercipta.

"Saya tidak bisa menuduh tim tidak berjuang, tapi kamu harus tetap tenang dan mencetak gol-gol itu," kata dia.

Menurut Loew, yang bisa dilakukan Jerman adalah menganalisis permainan mereka sebagai pembelajaran menghadapi laga pamungkas grup D. "Kami harus duduk bersama dan mencerna permainan," ujar dia.

Meski kalah, Jerman tetap berada di puncak grup mengantongi 19 poin dari sembilan laga. Sementara Republik Irlandia tertinggal satu angka di belakang Mesut Oezil cs dan menempati posisi ketiga. Posisi kedua dihuni Polandia yang juga mengantongi nilai 18, namun unggul dalam selish gol dari Irlandia.

Partai terakhir akan berlangsung sengit karena Irlandia akan bertarung dengan Polandia dalam laga hidup mati. Sementara Jerman cukup aman karena hanya butuh hasil imbang lawan Georgia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement