Sabtu 10 Oct 2015 17:05 WIB

Islandia Incar Rekor

Rep: c17/ Red: Fernan Rahadi
Timnas Islandia
Foto: icelandreview.com
Timnas Islandia

REPUBLIKA.CO.ID, REYKJAVIK -- Islandia menjamu tamunya Latvia pada lanjutan babak kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup A yang akan dimainkan di Stadion Laugardalsvollur, Reykjavik, Sabtu (10/10) malam WIB. Pertandingan ini sudah tak menentukan bagi kedua tim mengingat Islandia, yang kini menduduki puncak klasemen, sudah dipastikan lolos ke putaran final. Sementara Latvia sudah dipastikan tak lolos setelah menempati urutan kedua dari bawah.

Catatan baik dibukukan Armada Strakarnir Okkar kala bermain di hadapan publik sendiri. Terbukti dari tiga partai kandang  hanya sekali mengalami hasil imbang melawan juru kunci Kazakhstan 0-0. Selebihnya, mereka menang kala menjamu Turki, Belanda, dan Republik Ceko.

Bermain di markas sendiri, pelatih Islandia, Lars Lagerback, mencanangkan kemenangan telak untuk dapat memuluskan catatan baik di kandang sendiri. Eks pelatih timnas Swedia itu yakin dengan kondisi performa para pemainnya, mereka dapat tampil dominan.

Pada pertandingan terakhirnya, Islandia memang hanya bermain imbang dengan skor kacamata melawan Kazakhstan. Namun, hasil tersebut ditengarai disebabkan euforia Gylfi Sigurdsson dan kawan-kawan yang telah memastikan diri lolos ke putaran final, sehingga sedikit meremehkan lawannya.

Terbukti setelah pertandingan tersebut, seluruh pemain Islandia merayakan keberhasilan itu seperti mereka sudah memenangkan Piala Eropa. Di bawah siraman rintik hujan di tengah lapangan, para pemain bernyanyi dan menari dalam lingkaran.

Sekitar 10 ribu fans yang memenuhi stadion juga enggan beranjak. Pantas jika mereka larut dalam kebahagiaan. Hal itu itu memang cukup beralasan mengingat Islandia hanyalah sebuah negara kecil di Eropa. Penduduknya hanya berjumlah sekitar 320 ribu jiwa atau hanya sekitar empat kali jumlah penonton di Stadion Gelora Bung Karno jika terisi penuh.

"Banyak orang yang bilang kisah ini seperti dongeng. Sebagian diri saya setuju dengan anggapan itu. Tapi sebagian lainnya tidak. Hasil ini diraih karena kerja keras dari banyak orang. Semuanya mengalami perkembangan. Keberhasilan ini dicapai berkat kerja dari sejumlah orang di dalam lingkungan yang bagus. Dengan cara itu, kami memiliki pemain yang bagus," ujar Lagerback seperti diberitakan the Telegraph beberapa waktu lalu.

Sementara itu dari kubu tim tamu, Latvia tengah mengusahakan hasil semaksimal mungkin setelah hanya meraih empat poin, hasil empat kali imbang dan empat kali kalah sepanjang babak kualifikasi digelar. Dengan rekor tak pernah mencetak kemenangan membuat sang pelatih Marians Pahars akan menginstruksikan untuk menyerang agar bisa tersisih dari ajang kali ini dengan kepala tegak.

Lima Pertemuan Terakhir

11/10/14    Latvia    0-3    Islandia   

13/10/07    Islandia    2-4    Latvia   

8/10/06    Latvia    4-0    Islandia   

28/4/04     Latvia    0-0    Islandia   

19/8/98    Islandia    4-1    Latvia   

Prediksi Susunan Pemain   

Islandia (4-4-2)   

Pelatih: Lars Lagerback   

Kiper: Halldorsson

Bek Tengah: Sigurdsson, Arnason   

Bek Kanan: Saevarsson   

Bek Kiri: Skulason   

Gelandang Kanan: Gudmundsson   

Gelandang Kiri: Bjarnason   

Gelandang Tengah: Sigurdsson, Skulason

Penyerang: Sigborsson, Boovarsson

Latvia (4-5-1)   

Pelatih : Marians Pahars

Kiper: Vannis   

Bek Tengah: Dubra, Gorkss   

Bek Kiri: Maksimenko

Bek Kanan; Freimanis

Gelandang Kanan: Rakels

Gelandang Kiri: Kamess   

Gelandang Tengah: Tarasovs, Zjuzins, Fertovs   

Penyerang: Rakels

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement