Senin 12 Oct 2015 02:34 WIB

Polandia Ungguli Irlandia 2-1 pada Paruh Pertama

Jonathan Walters usai membobol gawang Polandia dari titik putih
Foto: REUTERS/Kacper Pempel
Jonathan Walters usai membobol gawang Polandia dari titik putih

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Persaingan memperebutkan tiket lolos langsung dari Grup D ke putaran final Piala Eropa 2016 antara Polandia dan Irlandia berlangsung sengit. Polandia mengungguli Irlandia 2-1 pada laga yang berlangsung di Stadion Narodowy, Warsawa, Senin (12/10) dini hari WIB.

Polandia berada di posisi kedua Grup I dengan nilai 18, tertinggal satu poin dari pemuncak klasemen Jerman yang pada saat yang sama menjamu Georgia. Namun Polandia hanya unggul selisih gol dari Irlandia yang menempati posisi kedua.

Kekalahan akan membuyarkan kesempatan Polandia untuk lolos langsung ke Prancis tahun depan. Namun hasil imbang cukup bagi Robert Lewandowski dkk melaju ke putaran final Piala Eropa 2016.

Kondisi ini yang membuat pertarungan kedua tim berlangsung ketat. Polandia dan Irlandia sama-sama menjaga rapat pertahanan mereka sambil mengintip celah mencetak gol.

Polandia yang pertama memecah kebuntuan lewat Grzegorz Krychowiak. Memanfaatkan sepak pojok Kamil Grosicki, Krychowiak yang berada di luar kotak penalti melepaskan tendangan keras ke sudut kanan bawah gawang Darren Randolph. Kiper Irlandia itu tak mampu menahan bola yang melaju deras.

Tapi keunggulan ini hanya bertahan tiga menit. Jonathan Walters menyamakan kedudukan lwat tendangan penalti. Irlandia mendapatkan hadiah penalti dari wasit Cuneyt Cakir setelah Michal Pazdan melanggar Shane Long. Pelanggaran sebenarnya terjadi di luar kotak penalti, tapi wasit asal Turki itu menunjuk titik putih.

Krzysztof Maczynski sempat membobol gawang Irlandia pada menit ke-18 tapi dianulir karena sebelumnya Robert Lewandowski sudah dalam posisi offside

Baru pada menit ke-42 Polandia benar-benar mendapatkan gol kedua mereka. Maczynski melepas umpan ke kotak penalti Irlandia. Lewandowski yang tak mendapatkan penjagaan ketat berhasil menaklukkan Randolph lewat tandukannya.

Hasil ini membuat Polandia beraa di atas angin. Sebab Irlandia butuh dua gol pada babak kedua dan menjaga gawangnya tak lagi kebobolan untuk bisa lolos langsung ke Prancis tahun depan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement