Senin 12 Oct 2015 03:48 WIB

Bungkam Irlandia 2-1, Polandia Lolos ke Prancis

Robert Lewandowski (kanan) dijaga para pemain Irlandia.
Foto: REUTERS/Kacper Pempel
Robert Lewandowski (kanan) dijaga para pemain Irlandia.

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Polandia memastikan satu tiket berlaga pada putaran final Piala Eropa 2016. Kemenangan 2-1 atas Irlandia di Stadion Narodowy, Warsawa, Senin (12/10) dini hari WIB menempatkan Polandia sebagai runner up Grup D di bawah Jerman yang menjadi juara grup.

Polandia mengumpulkan nilai 21, tertinggal satu angka di bawah Jerman yang pada saat bersamaan menaklukkan Georgia 2-1. Adapun Irlandia menempati peringkat ketiga dengan nilai 18.

Irlandia masih punya kesempatan berlaga di Prancis tahun depan. Syaratnya skuat asuhan Martin O'Neil mampu lolos dari fase play-off.

Polandia dan Irlandia sama-sama menjaga rapat pertahanan mereka sambil mengintip celah mencetak gol.

Polandia yang pertama memecah kebuntuan lewat Grzegorz Krychowiak. Memanfaatkan sepak pojok Kamil Grosicki, Krychowiak yang berada di luar kotak penalti melepaskan tendangan keras ke sudut kanan bawah gawang Darren Randolph. Kiper Irlandia itu tak mampu menahan bola yang melaju deras.

Tapi keunggulan ini hanya bertahan tiga menit. Jonathan Walters menyamakan kedudukan lwat tendangan penalti. Irlandia mendapatkan hadiah penalti dari wasit Cuneyt Cakir setelah Michal Pazdan melanggar Shane Long. Pelanggaran sebenarnya terjadi di luar kotak penalti, tapi wasit asal Turki itu menunjuk titik putih.

Krzysztof Maczynski sempat membobol gawang Irlandia pada menit ke-18 tapi dianulir karena sebelumnya Robert Lewandowski sudah dalam posisi offside

Baru pada menit ke-42 Polandia benar-benar mendapatkan gol kedua mereka. Maczynski melepas umpan ke kotak penalti Irlandia. Lewandowski yang tak mendapatkan penjagaan ketat berhasil menaklukkan Randolph lewat tandukannya.

Pada babak kedua, O'Neil membuat sejumlah perubahan. Ia memasukkan Robbie Keane menggantikan Long pada menit  ke-55 dan Aiden McGeady tiga menit berselang. 

Tak kunjung mencetak gol, giliran Wesley Hoolahan masuk menggantikan James McClean. Gelandang Norwich City ini diharapkan makin mempertajam serangan Irlandia. Sayangnya hingga laga berakhir, Irlandia tak mampu untuk mencetak gol tambahan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement