Senin 12 Oct 2015 18:56 WIB

Hidup Mati Belanda dan Turki

Rep: Frederik Bata/ Red: Citra Listya Rini
Piala Eropa 2016
Foto: uefa.com
Piala Eropa 2016

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Laga pamungkas kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup A menyisakan partai hidup mati. Dua tim yang sangat berkepentingan untuk meraih tiga poin adalah Belanda dan Turki.

Saat ini skuad Orange berada di posisi keempat mengantongi 13 poin dari sembilan laga. Sementara Turki satu peringkat lebih baik dari Robin van Persie cs dengan keunggulan dua angka. Tim-tim tersebut berkepentingan merebut tiket play off.

Pada tahap ini, baik Belanda maupun Turki mendapat lawan yang tangguh. Anak asuh Danny Blind berhadapan dengan runner up sementara Grup A Republik Ceko. Duel bergengsi tersebut berlangsung pada Rabu, (14/10) dini hari WIB di Amsterdam Arena.

Target menang tentu diusung oleh semifinalis Piala Dunia 2014 itu. Sebab, jika imbang atau kalah, maka sudah dipastikan mimpi mereka ke Perancis urung terwujud. Hal itu ditegaskan oleh bek Holland Virgil van Dijk.

Hanya saja bukan perkara mudah bagi sang juara Eropa 1988 dalam menaklukkan Ceko. UEFA mencatat dari 19 pertemuan antara kedua tim, Belanda menang lima kali, kalah 10 kali, sisanya berakhir imbang. Apalagi jelang laga ini sejumlah pilar penting De Orange dipastikan absen.

"Tujuan kami tetap sama, ingin lolos ke Piala Eropa," katanya kepada Goal Algeemen Dagblad dikutip dari, pekan lalu.

Sebelumnya Arjen Robben, Kevin Strootman, Stefan de Vrij dan Quincy Promes sudah naik meja perawatan. Pada laga melawan Kazakhastan Jesper Cilessen dan Tim Krull juga menjadi korban. Tak pelak ini menjadi pukulan telak bagi Belanda. "Ini makin ekstrem," uajr Blind.

Kubu Turki sedikit lebih baik. Hasil imbang melawan Islandia cukup  meloloskan negara tersebut ke Perancis tahun depan. Pertandingan nanti berlangsung di Konya Buyuksehir Stadıon, Rabu, (14/10) dini hari WIB.

Secara head to head Turki unggul atas Belanda. Maka jika mereka hanya mendapat satu poin pada laga pamungkas, tim tersebut mengunci tiket ke Euro 2016. Meskipun pada laga lainnya Belanda meraih kemenangan atas Ceko. Pada prinsipnya tiga poin tetap jadi tujuan utama.

"Saya mengatakan kepada pemain saya, kalian harus memanfaatkan peluang yang ada," ujar Fatih Terim juru taktik tim berjuluk Ay Yıldızlilar dikutip dari laman UEFA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement