Selasa 13 Oct 2015 03:52 WIB

Kemenangan Spanyol Bantu Slovakia Lolos Langsung ke Prancis

Cesc Fabregas (kiri) dan Cesar Azpilicueta (kanan) mengejar pemain Ukraina Andriy Yarmolenko
Foto: REUTERS/Valentyn Ogirenko
Cesc Fabregas (kiri) dan Cesar Azpilicueta (kanan) mengejar pemain Ukraina Andriy Yarmolenko

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV –- Spanyol menutup kiprah mereka dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2016 dengan kemenangan. Tak sekadar memuncaki klasemen dengan menaklukkan Ukraina 1-0 di Stadion NSK Olimpijs'kyj, Selasa (13/10) dini hari WIB, Spanyol juga membantu Slovakia lolos langsung dari Grup C.

Kemenangan atas Ukraina menempatkan tim Matador di puncak klasemen dengan nilai 27 dari 10 laga. Posisi kedua ditempati Slovakia, yang dalam saat bersamaan menaklukkan Luksemburg 4-2, dengan nilai 22. Sementara Ukraina harus puas berlaga di play-off untuk memperebutkan tiket berlaga di Prancis tahun depan.

Wajib menang untuk bisa lolos langsung sebagai runner up grup membuat Ukraina berusaha menekan tamunya. Akan tetapi Spanyol tampil tenang mengontrol permainan. Skuat asuhan Vicente Del Bosque tetap fokus dan tak mau melepas laga meskipun hasil apapun tak memengaruhi posisi mereka di klasemen Grup C.

Justru gawang Ukraina yang dibobol oleh Mario Gaspar pada menit ke-21. Memanfaatkan umpan silang Thiago Alcantara, Gaspar melepaskan tandukan ke gawang Ukraina yang dijaga Andriy Pyatov.

Ini menjadi satu-satunya gol pada pertandingan ini meskipun sejumlah peluang emas bagi kedua tim hadir pada sisa laga. Spanyol misalnya punya kesempatan mencetak gol lewat titik putih pada menit ke-24, tapi tendangan penalti Cesc Fabregas berhasil ditepis kiper Pyatov.

San Jose kemudian mencetak gol pada awal babak kedua, tapi dianulir karena sebelumnya terjadi pelanggaran. 

Ukraina tak berdaya menghadapi para pemain Spanyol yang piawai dalam memainkan bola dari kaki ke kaki. Meskipun Spanyol turun dengan sejumlah wajah baru, operan bola yang mengalir dari kaki ke kaki membat frustrasi Ukraina.

Peluang terbaik Ukraina untuk setidaknya menyamakan keduduan hadir pada pengujung laga. Sepakan voli Taras Stepanenko di kotak penalti masih gagal membobol gawang David De Gea. Sementara upaya Sergiy Rybalka yang mengarahkan bola ke pojok bawah gawang masih bisa diselamatkan oleh De Gea.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement