Selasa 13 Oct 2015 04:10 WIB

Dua Gol Hamsik Bawa Slovakia ke Piala Eropa

Gelandang serang Slovakia Marek Hamsik merayakan golnya ke gawang Luksemburg.
Foto: REUTERS/Francois Lenoir
Gelandang serang Slovakia Marek Hamsik merayakan golnya ke gawang Luksemburg.

REPUBLIKA.CO.ID, LETZEBUERG -- Slovakia dipastikan lolos langsung ke putaran final Piala Eropa 2016. Kemenangan 4-2 atas Luksemburg di Stade Josy Barthel, dibantu kekalahan Ukraina 0-1 dari Spanyol pada Selasa (13/10) dini hari WIB memuluskan langkah Marek Hamsik dkk.

Slovakia menempati posisi runner up Grup C dengan nilai 22 hasil tujuh kemenangan satu imbang dan dua kali kalah. Skuat asuhan Jan Kozak tertinggal lima angka dari Spanyol yang memuncaki klasemen dan unggul tiga poin dari Ukraina di posisi ketiga.

Slovakia unggul jauh hanya dalam interval enam menit. Hamsik menjebol gawang Jonathan Joubert pada menit ke-24 memanfaatkan umpan Vladimir Weiss. Menit ke-29, Weiss kembali menjadi kreator gol Slovakia. Kali ini Adam Nemec yang menuntaskan umpannya.

Slovakia berada di atas angin setelah Robert Mak menjebol gawang Joubert semenit kemudian. Lagi-lagi Weiss menjadi arsitek gol.

Tapi Slovakia berada dalam tekanan saat gawang mereka dibobol Mario Mutsch pada menit ke-61. Lars Gerson kemudia mencetak gol ke gawang Matus Kozacik lewat titik putih.

Beruntung bagi Slovakia, tim tuan rumah tak lagi menambah golnya. Justru Hamsik memastikan kemenangan timnya sekaligus tiket berlaga di Prancis tahun depan lewat golnya pada injury time laga menuntaskan operan Stanislav sestak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement