Selasa 13 Oct 2015 07:44 WIB

Pergantian Pelatih, Kunci Keberhasilan Rusia ke Prancis

Rep: C08/ Red: Israr Itah
Leonid Slutsky
Foto: AP Photo/Alexander Zemlianichenko
Leonid Slutsky

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia akhirnya  mengunci satu tiket otomatis berlaga di Piala Eropa 2016. Tim berjuluk Beruang Merah itu memastikan lolos setelah menang 2-0 atas Montenegro di Stadion Otkrytie, Moskow pada Selasa (13/10) dini hari WIB.

Dua gol Rusia tercipta melalui Oleg Kuzman pada menit ke-33 dan Alexander Kokorin empat menit berselang. Rusia mengumpulkan nilai 20 dan memenani Austria yang sudah terlebih dahulu memastikan satu tiket sebagai juara Grup G.

 

Pergantian pelatih menjadi salah satu kunci keberhasilan Rusia lolos langsung. Pada Agustus lalu, Persatuan Sepak Bola Rusia (RFS) memutuskan memecat Fabio Capello dan menggantikannya dengan pelatih CSKA Moskow Leonid Slutsky.

Saat itu Rusia tertinggal empat poin dari Swedia yang berada pada posisi kedua dengan tinggal menyisakan empat laga. Namun di bawah polesan Slutsky, Rusia tampil garang. Empat kemenangan beruntun dipetik, masing-masing atas Swedia (1-0), Liechtenstein (7-0), Moldova (2-1) dan terakhir Montenegro.

Akan tetapi Slutsky tak mau mendapatkan kredit atas keberhasilan Rusia. Ia justru memuji pasukannya yang dinilai bermain apik.

“Anak-anak bermain bagus, melakukan pekerjaan yang baik di luar sana. Dan, sekarang kami akan pergi ke Prancis,” kata Slutsky, dikutip dari UEFA.com.

Ia mengaku bahagia dengan kualitas timnya dan bahagia bisa mencapai target yang sebelumnya tampak sulit. "Saya berterima kasih kepada seluruh fan yang hadir di stadion maupun menyaksikan lewat televisi," ujar pelatih berusia 44 tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement