Selasa 13 Oct 2015 14:30 WIB

Ini Fakta Menarik Seputar Laga Belanda Vs Ceska

Rep: Frederik Bata/ Red: M Akbar
logo euro 2016
Foto: www.uefa.com
logo euro 2016

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Tim nasional Belanda siap bertemu Republik Ceska pada laga pamungkas kualifikasi Piala Eropa 2016 grup A. Pertandingan tersebut berlangsung di Amsterdam Arena, Amsterdam, Rabu, (14/10) dini hari WIB.

De Orange membutuhkan tiga poin guna menjaga kans meraih tiket lewat jalur play off. Sementara Ceko sudah memastikan diri tampil di Perancis tahun depan.

Berikut beberapa fakta menarik seputar pertemuan kedua tim dilansir dari laman UEFA.

Jika Belanda hanya bermain imbang atau kalah, maka sudah dipastikan tim tersebut gagal melaju ke Euro 2016. Itu adalah kegagalan pertama negeri kincir angin melaju ke kompetisi antar negara-negara benua biru sejak tahun 1984.

Saat kalah 0-1 melawan Islandia di Amsterdam, rekor Belanda yang tak pernah terjungkal dalam 37 pertandingan kompetitif di kandang akhirnya terhenti. Terakhir kali semi finalis Piala Dunia 2014 itu ditekuk di markas sendiri terjadi pada Oktober 2000 sewaktu dikandaskan Portugal 0-2.

Republik Ceko unggul secara head to head melawan Belanda. Dari 19 kali pertemuan, Ceko menang 10 kali, kalah lima kali, dan sisanya berakhir imbang.

Di ajang kualifikasi, Ceko telah memenangkan lima pertandingan dari enam laga tandang terakhir. Satu-satunya kekalahan yang diderita anak asuh Pavel Vrba terjadi pada Juni 2015 kala dibenamkan Islandia 2-1.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement