Rabu 14 Oct 2015 06:15 WIB

Turki Lolos ke Piala Eropa 2016

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Bilal Ramadhan
Logo Piala Eropa 2016 di Prancis.
Foto: Nationalturk.com
Logo Piala Eropa 2016 di Prancis.

REPUBLIKA.CO.ID, KONYA -- Turki akhirnya mendapatkan satu tiket lolos ke Piala Eropa 2016 setelah mengalahkan Islandia 1-0 pada laga yang digelar di Stadion Konya Buyuksehir, Turki, Rabu (14/10) dini hari WIB.

Sebuah tendangan bebas sekitar 27 meter di luar kotak penalti menjebol gawang Islandia pada menit ke-89 pertandingan. Gol semata wayang tersebut mengantarkan Turki meraih posisi tim terbaik ketiga.

Gol Selcuk Inan seketika menghidupkan stadion Konya Buyuksehir setelah Gokhan Tore mendapat kartu merah pada menit ke-78 akibat melanggar Jon Bodvarsson. Gol Inan sama sekali tidak berbeda dengan gol kemenangan yang terkenal dari Gary McAllister untuk Liverpool melawan Everton di Goodison 2001 lalu. Tendangannya mengarah bebas ke sisi kiri gawang.

Kemenangan 1-0 Turki ini semakin membahagiakan karena berhasil menghindari play-off lantaran Kazakhstan mengalahkan Latvia di Riga dengan skor 1-0.

Dengan demikian, Turki yang mengantongi nilai 18 dari keseluruhan laga kualifikasi mendapatkan angka 16 dalam perhitungan tim peringkat ketiga terbaik. Sebab yang dihitung hanya pertandingan melawan tim peringkat satu hingga lima.

Poin Turki lebih baik dari Hungaria yang mengumpulkan nilai 15 dalam perhitungan peringkat ketiga. Sementara Belanda tersingkir setelah kalah 2-3 dari Republik Cheska.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement