Rabu 21 Oct 2015 08:34 WIB
Liga Champions

Gelandang Porto Cetak Sejarah di Liga Champions

Ruben Neves (kiri)
Foto: AP Photo/Paulo Duarte
Ruben Neves (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, PORTO -- Gelandang Porto Rúben Neves menorehkan rekor di Liga Champions. Neves menjadi pemain termuda yang didapuk menjadikapten saat Porto menklukkan Maccabi Tel Aviv 2-0 di Estadio Do Dragao, Rabu (21/10) dini hari WIB.

Neves menjadi kapten termuda yang menjadi starter dalam usia 18 tahun 221 hari. Rekor sebelumnya dipegang Rafael van der Vaart yang menjadi kapten Ajax saat melawan AC Milan pada 16 September 2003. Ketika itu usia Van der Vaart 20 tahun 217 hari.

Igor Akinfeev hanya sepuluh hari tua ketika ia mengenakan ban kapten untuk CSKA Moskow di kandang Porto pada 21 November 2006.

(Baca juga: Casillas Cetak Rekor Clean Sheet Terbanyak di Liga Champions)

Neves merupakan produk akademi Porto. Ia lahir pada 13 Maret 1997. Neves membuat debut di Porto pada 15 Agustus 2014 dalam Liga melawan Marítimo, sekaligus mencatatkan gol pertamanya.

Lima hari berselang, ia menjadi pemain Portugis termuda yang tampil di Liga Champions saat tampil pada laga play-off melawan Lille. Dia kemudian tampil rutin hingga perempat final.

Setelah menjadi pemain termuda Portugal pada Piala Eropa U-21 musim panas lalu, Neves kemudian mengenakan ban kapten awal bulan ini setelah Maicon cedera.

sumber : UEFA.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement