Senin 26 Oct 2015 18:52 WIB

TNI Gandeng Mahaka Guna Mengisi Kekosongan Liga

Rep: Ali Mansur/ Red: Citra Listya Rini
CEO Mahaka Sports and Entertainment, Hasani Abdulgani.
Foto: Antara
CEO Mahaka Sports and Entertainment, Hasani Abdulgani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Guna mengisi kekosongan kompetisi Liga Indonesia,  sekaligus merayakan HUT TNI ke-70, Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyelenggarakan Indonesian Championship Jenderal Sudirman Cup. Turnamen ini sendiri ditangani oleh Mahaka Sports and Entertainment yang sukses dengan Piala Presidennya.

Turnamen ini akan diikuti oleh 14 klub Liga Super Indonesia (ISL) dan satu PS TNI. Hal ini disampaikan langsung oleh Jenderal Gatot Nurmantyo, disela-sela jumpa pers di Markas Besar TNI. Rencananya pembukaan Indonesian Championship Jenderal Sudirman Cup bakal diselenggarakan di Kodam V Brawijaya di Surabaya Selasa (10/11) mendatang.

Hanya saja dalam pembukaannya tidak ada pertandingan, melainkan akan diisi dengan pertunjukan musik, hiburan rakyat, dan juga penampilan dari bintang-bintang sepak bola yang berpartisipasi di turnamen tersebut. “Untuk turnamen ini kami juga sudah berkomunikasi dengan Ketua Umum  PSSI terkait turnamen ini,” kata Gatot Nurmantyo, Senin (26/10).

Kemudian untuk babak awal sendiri akan dimulai pada Sabtu (14/10) mendatang, tepat pada hari Pahlawan. Untuk babak penyisihan grup akan diadakan di tiga kota, yaitu Surabaya, Malang dan juga Bali. Kedua kota dipilih karena dianggap sukses menjadi tuan rumah, sedangkan Surabaya dipilih lebih karena sebagai kota pahlawan. Kemudian untuk partai final tetap diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Masing-masing grup akan dihuni lima tim. Format turnamen ini menggunakan sistem setengah kompetisi dan tidak ada hasil imbang. Untuk babak penyisihan grup bakal digelar pada 14 November-1 Desember 2015. Selanjutnya, dua tim teratas masing-masing grup dan dua peringkat ketiga terbaik akan melaju ke babak delapan besar pada 12-20 Desember 2015.

Untuk babak semifinal bakal digelar 9-17 Januari 2016 dengan sistem kandang-tandang, dan partai final digelar, 24 Januari 2016. Untuk hadiah dan match fee sangat menggiurkan setiap tim yang menang pada waktu normal secara kontan langsung mendapat Rp 125 juta. 

Bagi yang kalah pada waktu normal, tetap mendapat uang Rp75 juta. Saat menang pada adu penalti hadiah menjadi Rp 110 juta pun kalah pada adu penalti Rp 90 juta. Sementara untuk tim yang juara dalam turnamen ini akan diguyur  Rp 2,5 miliar, runner up Rp 1,5 miliar . Meski tidak ada perebutan tempat ke tiga, tim yang kalah di babak semi final tetap akan mendapatkan masing-masing Rp 500 ribu.

Terkait sumber dana sendiri, CEO Mahaka Sport and Entertainment Hasani Abdulgani, sekaligus sebagai ketua pelaksana menyatakan semua dana berasal dari swasta. Hasani juga mengungkapkan sebanyak 47 pertandingan akan disiarkan secara langsung oleh televisi swasta. Sehingga Indonesian Championship Jenderal Sudirman dapat dinikmati oleh masayarakat luas.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 6 5 1 0 7 5 16
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 6 4 2 0 10 7 14
3 Persib Bandung Persib Bandung 6 3 3 0 11 6 12
4 Bali United Bali United 6 3 2 1 9 5 11
5 PSM Makassar PSM Makassar 6 3 2 1 8 5 11
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement