Rabu 28 Oct 2015 13:45 WIB

Soal Piala Jenderal Sudirman, BOPI: Mahaka tak Perlu Minta Rekomendasi PSSI

Rep: Bambang Noroyono/ Red: M Akbar
Sekjen BOPI Heru Nugroho
Foto: ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf
Sekjen BOPI Heru Nugroho

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) dinilai sudah tidak lagi mempunyai legitimasi hukum terhadap sepak bola di Indonesia. Terkait dengan hal itu maka untuk penyelenggaraan Piala Jenderal Sudirman tidak diperlukan rekomendasi dari PSSI. 

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) BOPI, Heru Nugroho. Ia mengatakan PSSI tak perlu dilibatkan untuk perhelatan Piala Jenderal Sudirman. "PSSI itu sudah tidak lagi punya legal standing untuk terlibat dalam setiap turnamen," katanya saat dihubungi di Jakarta, Rabu (28/10).

Heru mengatakan supervisi untuk penyelenggaraan turnamen seharusnya bisa meminta kepada Tim Transisi yang dibentuk oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. Alasannya, tim ini dinilainya mempunyai mandat menjadi pengganti PSSI menyusul keluarnya surat keputusan pembekuan PSSI.

Terkait soal Piala Jenderal Sudirman, Heru menegaskan, BOPI setuju dengan hadirnya PT Mahaka Sport and Entertainment sebagai penyelenggara yang ditunjuk pemerintah. Namun sebelum mendapatkan izin pelaksanaan dari BOPI, Heru menyarankan, agar Event Organizer (EO) tersebut sebaiknya hanya berkordinasi dengan Tim Transisi dan bukan dengan PSSI.

"Nggak perlu mereka (Mahaka) minta rekomendasi dari PSSI. Itu malah menyalahi aturan," cetusnya.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 6 5 1 0 7 5 16
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 6 4 2 0 10 7 14
3 Persib Bandung Persib Bandung 6 3 3 0 11 6 12
4 Bali United Bali United 6 3 2 1 9 5 11
5 PSM Makassar PSM Makassar 6 3 2 1 8 5 11
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement