Kamis 05 Nov 2015 22:17 WIB

Bobotoh Galang Dana Secara Online untuk Korban Bencana Asap

Rep: C39/ Red: Citra Listya Rini
Bobotoh atau suporter Persib Bandung
Foto: Republika/Arief Maulana Hasan
Bobotoh atau suporter Persib Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Dalam merayakan kemenangan Persib Bandung di ajang Piala Presiden 2015, Bobotoh alais pendukung Persib Bandung menggalang dana secara online untuk membantu korban bencana asap di Sumatra dan Kalimantan.

Aksi #BobotohPeduli tersebut digawangi langsung oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil dan berhasil mengumpulkan dana sejumlah Rp 226.042.041 melalui laman kitabisa. Dana tersebut terkumpul dari 1.591 donatur dalam rentang waktu selama 14 hari.

Antusiasme warga kota Bandung di dunia maya sangat luar biasa. Sejak halaman penggalangan dana #BobotohPeduli dibuka pada Rabu (21/10) lalu, tagar #BobotohPeduli  menjadi viral di beberapa media sosial, seperti facebook dan twitter. Hanya dalam satu hari, terkumpul dana hingga Rp 60 juta.  

Antusiasme dan kepedulian Bobotoh terlihat semakin tinggi dari hari ke hari. Donasi yang semula hanya ditargetkan senilai 50 juta rupiah pun terus dinaikan hingga 200 juta rupiah. Semua dana yang terkumpul tersebut nantinya akan disalurkan oleh Dinas Sosial dan Karang Taruna Kota Bandung untuk korban bencana asap di Sumatera dan Kalimantan.

Seperti dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (5/10), Selain #BobotohPeduli juga terdapat 452 kampanye sosial #MelawanAsap lainnya yang ada di laman kitabisa. Banyaknya inisiatif sosial tersebut menunjukan kepedulian bersama terhadap korban bencana asap.

Sebagai Walikota Bandung, Ridwan Kamil dapat menjadi contoh bagaimana seorang pimpinan daerah mengarahkan warganya untuk bergotong-royong dan melakukan hal baik bersama-sama. Di sisi lain, beberapa inisiatif tersebut sekaligus menjadi kritik pada lambatnya penanganan bencana asap oleh pemerintah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement