Selasa 10 Nov 2015 20:27 WIB

Kegagalan Celtic di Piala Winners

Glasgow Celtic
Glasgow Celtic

REPUBLIKA.CO.ID, Tepat tanggal 7 November 31 tahun yang lalu seharusnya menjadi hari kemenangan  bagi Celtic atas Rapid Vienna dalam laga ronde kedua Piala Winners Eropa. Namun, sayangnya kemenangan yang dimimpikan tidak memihak klub berjuluk The Bhoys itu. 

Awalnya, kedua tim bertemu pada leg pertama di Vienna pada 24 Oktober dengan kemenangan 3-1 di tangan Rapid Vienna. 13 hari kemudian, Celtic menjadi tuan rumah leg kedua di Glasgow. Mereka berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-0. Dua gol di babak pertama dicetak oleh Brian McClair pada menit ke-32 dan Murdo MacLeod di menit ke-45. Babak kedua, Tommy Burns menambah satu gol lagi pada menit ke-68.

Jalannya laga tersebut diwarnai oleh keterlibatan Burns dalam insiden kartu merah yang dikeluarkan wasit untuk pemain Rapid Vienna, Reinhard Kienast. Klub berjuluk The Green-Whites itu kemudian memprotes keputusan wasit.

Pada saat yang bersamaan, gelandang Rudi Weinhofer terlihat memegangi wajahnya. Ia ternyata terkena lemparan benda dari tribun penonton. Kejadian ini  mengakibatkan Weinhofer harus menghentikan perjuangannya dan memaksa Rapid Vienna melanjutkan pertandingan dengan 10 pemain. Alasannya, karena The Green-Whites sudah menggunakan semua pemain pengganti mereka.

Kapten Rapid Vienna Hans Krank sempat mengancam memimpin timnya walk-out sebagai tindakan protes. Pertandingan akhirnya dilanjutkan setelah tertunda 15 menit dan Celtic menang 3-0 sehingga mereka unggul agregat 4-3.

Merasa tidak puas dengan hasil skor akhirnya, Rapid Vienna kembali protes. Banding panel UEFA pun mempermasalahkan cedera Weinhofer. Kedua tim ini diperintahkan untuk melakukan pertandingan ulang yang dimainkan 100 mil dari Glasgow. Jadi, Celtic dan Rapid Vienna bertemu di markas Manchester United, Stadion Old Trafford, pada 12 Desember.

Akhirnya, Rapid Vienna memenangkan pertandingan ulang dengan skor akhir 1-0 sehingga skor agregat menjadi 4-1. Vienna pada akhirnya mampu melaju ke pertandingan final di Rotterdam pada 15 Mei 1985, namun mereka kalah dari Everton dengan skor akhir 1-3.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement