Kamis 12 Nov 2015 18:20 WIB

FIFA Setujui Kandidat Pengganti Sepp Blatter

Logo FIFA
Foto: AP
Logo FIFA

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA  -- FIFA menyetujui lima kandidat calon pengganti Sepp Blatter sebagai presiden badan sepak bola dunia itu. Dari lima orang kandidat itu, tidak ada nama Michel Platini, ketua badan sepak bola Eropa (UEFA) yang masih menjalani skorsing dari FIFA.

Mereka yang telah melewati tes integritas adalah Pangeran Ali Al Hussein, Sheikh Salman Bin Ebrahim Al Khalifa, Jerome Champagne, Gianni Infantino dan Tokyo Sexwale, demikian pernyataan FIFA.

Pencalonan Platini akan dipertimbangkan lagi setelah masa skorsing 90 harinya selesai. Satu-satunya kandidat yang tidak lolos tes adalah Musa Bility, ketua persatuan sepak bola Liberia.

"Komite ad-hoc untuk pemilihan ketua FIFA tidak meloloskan pencalonan Mussa Hassan Bility, melihat hasil tes integritasnya," kata FIFA, Kamis (12/11).

FIFA mengatakan bahwa mereka telah menjelaskan kepada Bility alasan dia tidak lolos, tapi tidak untuk dipublikasikan. Masih diberinya Platini waktu untuk menjadi kandidat memicu permasalahan dalam pemilihan ini.

Platini yang semula menjadi calon kuat presiden FIFA, diskorsing oleh komite etika badan sepak bola dunia itu karena menerima uanng dari FIFA sebesar 2 juta dolar AS pada 2011.

Skorsing tersebut membuat persaingan pengganti Blatter makin terbuka dengan munculnya sejumlah calon yang berminat seperti ketua sepak bola Asia Sheikh Salman, mantan pejabat FIFA Champagne, aktivis AFsel Sexwale, Sekjen UEFA Infantino dan Bility.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement