Ahad 15 Nov 2015 06:25 WIB

Swedia Unggul 2-1 atas Denmark

Rep: Bambang Noroyono/ Red: M Akbar
Zlatan Ibrahimovic
Foto: EPA/JANERIK HENRIKSSON
Zlatan Ibrahimovic

REPUBLIKA.CO.ID, SOLNA -- Timnas Swedia berhasil unggul atas Denmark 2-1 pada leg pertama play off Piala Eropa 2016, Ahad (15/11). Meski kalah dalam penguasaan bola selama pertandingan, namun Swedia masih membuktikan keunggulannya dalam derbi Skandinavia, di Stadion Friends Arena, Solna.

Dalam catatan pertandingan, dua kesebelasan memang sama-sama bermain ngotot. Pemain Denmark yang lebih lama menguasai bola sebanyak 60 persen lebih mendominasi pertandingan. Namun, Swedia juga bermain terbuka dengan melakukan serangkain serangan-serangan di titik pertahanan.

Saling serang dua kesebelasan itu tak membuahkan hasil menjelang akhir babak pertama. Namun, momentum untuk unggul dalam pertandingan diperoleh Swedia pada menit ke-45 babak pertama, yaitu lewat gol bikinan Emil Forsberg. Usai turun minum, intensitas permainan juga masih sama.

Akan tetapi, Swedia kembali memperbesar kemenangan lewat hukuman penalti yang dijatuhkan wasit Nicola Rizzoli di menit ke-50. Lewat eksekusi Zlatan Ibrahimovic, Swedia unggul 2-0.

Merasa masih punya peluang untuk mengejar ketertinggalan, pelatih Denmark, Morten Olson mengubah strategi permainan anak asuhnya dengan menarik salah satu pemain bertahannya, dan memasukkan pemain serang Nicolai Jorgensen.

Hasilnya tak sia-sia. Jorgensen berhasil mengejar kedudukan menjadi 2-1 pada menit ke-80. Akan tetapi modal satu gol tersebut tak meningkatkan kengototan Denmark untuk menyamakan kedudukan. Sampai wasit meniupkan pluit panjang, kedudukan 2-1 tak berubah.

Kemenangan di kandang kali ini cukup membuat Swedia aman ke putaran selanjutnya pada leg kedua di Denmark, Rabu (18/11) mendatang. Namun, peluang bagi Denmark juga masih terbuka untuk membalas, karena hanya cukup mencatatkan satu gol tanpa balas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement