Rabu 18 Nov 2015 05:17 WIB

Inggris Taklukan Prancis di Wembley

Rep: c33/ Red: Agung Sasongko
Kapten Inggris, Wayne Rooney merayakan gol ke gawang Prancis.
Foto: AP Photo/Matt Dunham
Kapten Inggris, Wayne Rooney merayakan gol ke gawang Prancis.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Inggris berhasil menang dua gol tanpa balas dalam laga persahabatan melawan Prancis di Stadion Wembley, London, Rabu, (18/11) dini hari. Dua gol itu masing-masing diciptakan oleh Delle Ali di menit ke-39 dan Wayne Rooney pada menit ke-48.

Selama sepuluh menit pertama babak pertama, kedua tim masih menunjukan tempo permainan yang rendah. Cabaye di kubu Prancis, dan Rooney di kubu Inggris berusaha membuka peluang masing-masing. Namun usaha keduanya masih bisa digagalkan.

Martial sempat menciptakan peluang di menit ke-18 usai mengecoh Clyne. Namun tendangannya masih bisa diantisipasi oleh Hart. Tiga menit berselang, Rooney memperoleh peluang lewat tendangan bebas. Tapi, sepakan itu mampu diamankan Lloris.

(Baca juga: Seisi Stadion Wembley Nyanyikan Lagu Kebangsaan Prancis)

Setelah menit ke-20, skuat the Three Lions tancap gas. Serangan-serangan dari Rooney dkk terus digencarkan. Hingga akhirnya di menit ke-39, Alli, pemain berusia 19 tahun mencatatkan namanya di papan skor. Sedangkan Rooney menambahkan pundi-pundi assist-nya lewat gol itu. Alli berhasil mencetak gol setelah berduel dengan Schneiderlin.

Pemain debutan itu menggiring bola lalu melesatkan tembakan  ke arah pojok gawang Prancis. Lloris tak mampu menggapai tendangan itu hingga terciptalah gol. Usai tertinggal satu gol, Prancis berusaha mengejar ketertinggalan. Namun skuat Inggris memilih bermain aman dengan tampil defensif hingga turun minum.

Babak kedua baru saja mulai, Wayne Rooney menggandakan skor bagi Inggris di menit ke-48 atau 3 menit usai babak kedua dimulai. Awalnya Alli meng-cut bola dari Pogba dan melebarkan serangan kepada Sterling. Pemain sayap Manchester City itu mengirim umpan silang kepada Rooney. Mendapati peluang emas itu, kapten Manchester United itu langsung menghajar gawang Lloris.

(Baca Juga: Awal Babak Kedua, Inggris Gandakan Keunggulan)

Usai kebobolan untuk kedua kalinya, pelatih Prancis segera melakukan pergantian pemain. Cabaye dan Gignac keluar digantikan Diarra dan Giroud. Pogba terkesan malah telat "panas" lantaran baru unjuk gigi usai Prancis tertinggal dua gol. Tendangannya sempat membahayakan gawang Hart di menit ke-58.

Menjelang awal menit ke-70, terjadi pergantian pemain lagi di kubu Prancis yaitu Martial digantikan Griezmann. Inggris pun turut memasukan tenaga baru dengan mengganti Sterling dengan Lallana.

Lallana dan Giroud saling unjuk kebolehannya setelah masuk lapangan. Karena laga ini merupakan persahabatan, tidak terjadi pembatasan pergantian pemain. Sehingga selama rentang menit ke 80 hingga 90 terjadi empat kali pergantian pemain.

(Baca Juga: Line Up Inggris vs Prancis)

Guna mempertahankan keunggulannya, Inggris memasukan tiga pemain tipe bertahan yaitu Jonjo Shelvey, Ryan Bertrand dan Phil Jones menggantikan Ross Barkley, Harry Kane dan Alli. Sedangkan Prancis menambah Sissoko dalam skuat utama dengan membangkucadangkan Schneiderlin.

Jelang waktu 90 menit selesai, Pogba sempat menciptakan peluang lewat tendangan keras. Sayang, tembakannya itu masih belum menemui sasaran. Hingga perpanjangan waktu dua menit usai, Inggris berhasil mempertahankan keunggulannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement