Ahad 22 Nov 2015 02:02 WIB

Sikap Klub Inggris Terhadap Muslim

Mesut Oezil
Foto: AP/John Walton-PA
Mesut Oezil

Oleh: Muhammad Iqbal Redaktur Republika

Tak dapat dimungkiri, Liga Primer Inggris (EPL) merupakan kompetisi sepak bola terpopuler di dunia. Beragam riset oleh berbagai media dan lembaga penelitian telah membuktikan sematan tersebut. Bagi sosok awam, tak dibutuhkan riset untuk membuktikan kepopuleran EPL.

Lihat saja deretan bintang papan atas yang bertaburan di klub-klub EPL semisal Sergio Aguero (Manchester City), Wayne Rooney (Manchester United), Alexis Sanchez (Arsenal) hingga Diego Costa (Chelsea). Nama-nama tersebut belum ditambah jejeran pelatih kenamaan. Sebut saja arsitek the Blues Jose Mourinho maupun pelatih the Gunners Arsene Wenger.

Begitu mengglobalnya EPL tentu berimbas pada komposisi skuat yang begitu beragam. Tidak hanya dari latar belakang negara yang berbeda melainkan juga agama. Dilansir totalsportek, Jumat (20/11), jumlah pesepakbola Muslim di EPL menunjukkan tren peningkatan dalam 10 tahun terakhir.

Untuk musim ini tercatat 27 pesepakbola Muslim. Mereka antara lain Mesut Oezil (Arsenal), Kurt Zouma (Chelsea), Marouane Fellaini (Manchester United) hingga Samir Nasri (Manchester City). Masih ada nama-nama lain seperti Mamadou Sakho (Liverpool), Moussa Dembele (Tottenham Hotspur) dan Mohamed Diame (Hull City).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement