Sabtu 12 Dec 2015 16:28 WIB

Stoke-West Ham, Duel Tim Beda Siklus

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Fernan Rahadi
Marko Arnautovic usai membobol gawang Joe Hart.
Foto: REUTERS/Phil Noble
Marko Arnautovic usai membobol gawang Joe Hart.

REPUBLIKA.CO.ID, STAFFORDSHIRE -- Stoke City tampil impresif sejak Liga Primer Inggris musim 2015/2016 memasuki bulan November. Atas performanya, Stoke yang awal musim berkubang di dasar klasemen, kini perlahan naik ke papan tengah.

 

Melakoni empat partai liga sejak November, Stoke menyapu bersih semua dengan kemenangan. Hasilnya, peringkat ke-11 klasemen sementara mampu digapai pasukan Mark Hughes hingga pekan ke-15 ini.

 

Stoke memang sedang sangat on fire. Sejak terakhir kali menelan kekalahan atas Watford mendekati akhir bulan Oktober, mereka melaju tanpa satupun kekalahan, di semua ajang. Satu-satunya hasil tak maksimal yang Stoke raih ialah ketika ditahan imbang Newcsatle 0-0 31 Oktober silam. Sisanya, semua mereka babat dengan kemenangan termasuk saat menjamu juara bertahan Manchester City pekan lalu.

 

Kini laju kencang Stoke akan menemui lawan cukup tangguh yang dikenal sebagai pembunuh raksasa musim ini, West Ham, Sabtu (12/12). Belum ada satupun tim besar Liga Primer Inggris yang mampu mengalahkan West Ham. Arsenal, Chelsea, Liverpool, dan Manchester City semua bertekuk lutut. Hanya Manchester United (MU) tim besar lainnya yang mampu selamat dari cengkraman palu godam the Hammers. Itu pun, Setan Merah hanya bisa meraih hasil seri 0-0 yang terjadi akhir pekan lalu.

 

Manajer Stoke Hughes mengaku sedang sangat menikmati situasi timnya yang mulai bangkit. Sempat defisit kemenangan karena sudah lima kali kalah hingga bulan Oktober, kebangkitan Marko Arnautovic dan kawan-kawan amat ia banggakan.

 

Eks penggawa MU ini pun yakin the Potters bisa memberikan kekalahan kepada West Ham di partai tandang nanti. “Kami sedang memasuki periode yang kami inginkan. Saya harap semua tetap berlanjut karena liga mulai memasuki masa penting di bulan Desember. West Ham akan jadi tantangan yang tepat untuk menguji kami, setelah sebelumnya kami sudah mengalahkan Chelsea dan City,” kata Hughes dikutip dari laman resmi klub Selasa (8/12).

 

Sebaliknya dari Stoke, West Ham justru sedang masuk ke melalui siklus buruk sejak liga memasuki bulan November. Melakoni empat laga di bulan ke-11 ini, tak sekalipun West Ham meraih kemenangan. Usaha skuat racikan Slaven Bilic hanya berakhir dengan tiga seri dan sekali kalah.

 

Padahal, pada akhir bulan Oktober mereka sempat mengandaskan juara bertahan Chelsea dengan skor 2-1 di kandang. Meskipun, di bulan yang sama sepekan kemudian, 31 Oktober, West Ham dihantam Watford 0-2.

 

Manajer West Ham Bilic menyatakan sudah mempersiapkan segala hal untuk meraih kemenangan atas Stoke di kandang sendiri, Boleyn Ground. Pelatih asal Kroasia ini berujar, akan sekuat tenaga mempertahankan West Ham agar tetap berada d zona Eropa. “Kami sempat sangat dekat dengan puncak klasemen. Saya sekarang sadar memang menjaga pencapaian awal musim sangat sulit. Sekarang yang penting kami tidak terlempar terlalu jauh,” kata Bilic.

 

Fakta menarik   

-West Ham sudah 92 kali menghadapi Stoke. Dari puluhan pertemuan itu, West Ham dan Stoke nyaris sama kuat. West Ham unggul tipis dengan memenangkan 35 partai, 24 seri, dan 33 kali kalah dari Stoke.

-Pertandingan pertama antara kedua tim terjadi pada 16 Desember 1911. Saat itu Stoke menang 4-3 dalam Liga Divisi Satu bagian Selatan

Prediksi Susunan Pemain   

West Ham (4-1-4-1)

Manajer: Slaven Bilic

Kiper : Adrian

Bek : Reid, Ogbonna

Bek kiri : Cresswell

Bek kanan : Tomkins

Gelandang bertahan : Song

Gelandang tengah : Noble, Kouyate

Sayap kiri : Zarate

Sayap kanan : Moses

Striker : Carroll

Stoke City (4-2-3-1)

Manajer: Mark Hughes   

Kiper: Butland

Bek tengah : Wollscheid, Shawcross

Bek kiri : Pieters

Bek kanan : Johnson

Gelandang tengah : Whelan, Cameron

Gelandang serang : Arnautovic, Affelay, Shaqiri

Striker : Bojan

Lima Pertemuan Terakhir   

19/11/12 West Ham United    1-1    Stoke City

31/08/13 West Ham United    0-1    Stoke City

15/03/14 Stoke City    3-1    West Ham United

01/11/14 Stoke City    2-2    West Ham United

11/04/15 West Ham United    1-1    Stoke City

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement