Rabu 06 Jan 2016 14:35 WIB

Ini Nasihat Eks Pelatih Madrid untuk Zidane

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: M Akbar
Manuel Pellegrini
Foto: EPA/Andy Rain
Manuel Pellegrini

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Kabar pengangkatan Zinedine Zidane setelah pemecatan Rafael Benitez di Real Madrid ikut mendapat perhatian Liga Primer Inggris.

Pelatih Manchester City, Manuel Pellegrini, yang pernah semusim menjadi pelatih Real Madrid mengatakan, Zidane harus ekstrakerja keras agar bisa tetap punya pekerjaan di Los Blancos.

Menurut Pellegrini, pengalaman dia melatih Madrid 2009-2010 menunjukkan selalu ada tantangan besar melatih tim ibu kota Spanyol itu. Tradisi pemecatan pelatih karena tidak memberikan trofi satu pun menjadi hantu terbesar bagi pelatih yang menangani Madrid. (Baca: Benitez Didongkel dari Real Madrid, Gerrard: Saya Sedih!)

''Real Madrid adalah tim yang sangat sulit untuk ditangani, ada pengaruh buruk dari cara manajemen tim Madrid dalam menjalankan timnya,'' kata dia dikutip dari Telegraph, Rabu (6/1).

Pelatih asal Cile ini mengatakan, bukti ketika dia dipecat pada akhir musim dan sejumlah manajer lainnya yang diberhentikan di tengah kompetisi cukup menyiratkan kejamnya Madrid.

''Ini memengaruhi manajer yang melatih di sana. Sungguh tekanan yang mengganggu,'' kata dia.

Pellegrini pernah melatih Madrid dengan catatan cukup impresif meski nihil trofi. Persentase kemenangannya di Madrid sangat tinggi, yaitu 81,6 persen. Angka itu hasil dari 31 kemenangan, 3 hasil imbang, dan 4 kali kalah dalam 38 pertandingan liga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement