Rabu 06 Jan 2016 16:35 WIB

Status Rooney Jadi Pemain Terbaik Inggris Diragukan

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: M Akbar
Wayne Rooney
Foto: REUTERS/Darren Staples
Wayne Rooney

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Wayne Rooney baru saja terpilih sebagai pemain terbaik Inggris tahun 2015 versi Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) pekan ini.

Faktor mampu memecahkan rekor 50 gol Sir Bobby Charlton di Timnas Inggris yang sudah bertahan lebih dari empat dekade jadi penyebab utama penobatan striker Manchester United (MU) itu.

Namun menurut legenda sepak bola Inggris Gordon Banks, Rooney belumlah bisa dikatakan mengalahkan atau bahkan menyamai Sir Bobby. Menurut rekan setim Sir Bobby ketika menjuarai Piala Dunia 1966 itu, Rooney masih jauh bila dikatakan sebagai pemain terhebat Inggris sepanjang sejarah.

Penyebabnya, dalam tiga musim terakhir Banks menilai Rooney sudah mengalami penurunan performa. Padahal, sejak tiga tahun lalu seharusnya penampilan Rooney meningkat karena memasuki usai emas.

''Di mata saya dia tak akan pernah bisa menyamai Sir Bobby. Tipikal yang berbeda karena Sir Bobby juga andal membuat assist,'' kata kiper Timnas Inggris di tahun 1963 hingga 1972 ini dikutip dari Daily Mail, Rabu (6/1).

Banks yang sekarang berumur 78 tahun ini berujar, Rooney masih tampil inkonsisten. Jangankan di level internasional bersama Inggris, di klubnya pun Rooney kini banyak disorot.

Hanya membuat beberapa gol, kata dia, Rooney bahkan terkadang membuat kita tak melihat sosok 30 tahun itu berkontribusi di lapangan.

''Meski demikian dia pemain penuh pengalaman yang dibutuhkan setiap pemain dalam tim. Dia hanya perlau terus memberikan yang terbaik sepanjang laga,'' kata legenda Leicester City ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement