Senin 11 Jan 2016 17:39 WIB

Sekilas Tentang Penghargaan Ballon d’Or

Rep: Febrian Fachri/ Red: Citra Listya Rini
tropi ballon d'or
Foto: www.tvm.com.mt
tropi ballon d'or

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH  -- Pada Senin (11/1) malam waktu Zurich, Swiss, akan dihelat acara penganugerahan FIFA Ballon d’Or. Sejumlah kandidat peraih sudah diumumkan sejak sebulan terakhir.

Untuk pesepak bola pria, tiga kandidat pemenang berasal dari La Liga Spanyol. Dua dari Barcelona, yaitu Lionel Messi dan Neymar Jr. Satu lagi adalah pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo. 

Sejak mulai diadakan tahun 1956 silam, Ballon d’Or tak pernah absen setiap tahun. Nanti malam, penghargaan yang akan diperebutkan Messi, Neymar, dan Ronaldo adalah Ballon d’Or ke-60 sepanjang sejarah. 

Pada 1956 tersebut, Ballon d’Or atau bola emas diperuntukkan kepada pemain terbaik di Eropa. Penggagas untuk membuat penghargaan ini adalah Gabriel Hanot, seorang penulis olahraga di France Football.
Pemenang gelar Ballon d’Or ini dipilih oleh rekan-rekan seprofesi Hanot, yaitu jurnalis-jurnalis yang meliput sepak bola Eropa. Pemain pertama yang merasakan manisnya gelar Ballon d’Or adalah pemain asal Inggris, Stanley Matthews. Ia bermain untuk klub Inggris, Blackpool, saat itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement