Rabu 13 Jan 2016 16:04 WIB

Asian Games, Pemprov DKI Hanya Sanggupi Bangun Venue Temporary

Rep: C18/ Red: Citra Listya Rini
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
Foto: JAk TV
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak mampu membangun velodrome permanen. Pemprov hanya bisa membangun velodrome yang bersifat temporary atau sementara.

"Kalau mau bangun yang full permanen nggak keburu, yang semi permanen ngga bisa, yang temporary bisa," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Balai Kota Jakarta, Rabu (13/1).

Pemprov DKI menyerakan pengerjaan perbaikan velodrome dan equistrian keada PT Jakarta PRoperti (Jakpro). Ahok mengatakan BUMD yang bergerak di bidang infrastruktur dan properti itu juga hanya bisa menyangupi pembangunan velorome sementara.

Pembangunan Velodrome temporary ini, Ahok mengunagkapkan hanya mampu bertahal 10 tahun. Pengerjaan itu, dia melanjutkan, tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan pemprov untuk bangunan tersebut.

"Kalau sekarang kontraktor cuma bisa kerjain yang temporary, mau gamau kita kerjain, 10 tahun 10 tahun lah. Ini soal harga diri bangsa, gensi mau gimana," kata Ahok.

Sementara, muncul wacana dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani untuk merubah arena velodrome dari DKI Jakarta ke Bandung. Ini lantaran pembanguna dua venue di DKI tidak menunjukkan kemajuan berarti.

Ahok mengaku pasrah terkait keputusan PMK untuk memindahkan arena Asian Games ke Jawa Barat. Dia mengatakan, akan lebih bagus apabila daerah lain mampu membangun venue tersebut secara permanen dalam kurun waktu singkat.

"Lepas ke Bandung aku sih enggak masalah. Kalau kami bangun terpaksa yang temporally, tapi kalau ada yang bisa kerjain permanen siapapun kasih saja," kata Ahok.

Sebelumnya, tugas pemprov DKI Jakarta sebagai tuan rumah Asian Games 2018 tinggal merevitalisasi velodrome di Rawamangun dan equestrian line di arena Pulo Mas. Meski mepet, Ahok mengaku pengerjaan dua arena olahraga tersebut pasti selesai dalam 20 bulan.

Seperti diketahui, Asian Games ke-18 akan digelar di Jakarta dan Palembang sebagai tuan rumah. Ajang olahraga se-Asia Tenggara itu bakal dihelat pada 18 Agustus sampai 02 September 2018. Pada Asian Games 2018 terdapat 37 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement