Selasa 19 Jan 2016 20:19 WIB

Lindsey Vonn Pecahkan Rekor

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Fernan Rahadi
Lindsey Vonn
Foto: AP
Lindsey Vonn

REPUBLIKA.CO.ID, Peselancar Amerika Serikat (AS), Lindey Vonn memecahkan rekor baru dalam olahraga seluncur es. Perempuan 31 tahun itu mencatatkan karier kemenangannya yang ke-73 kali dalam Piala Dunia Selancar Super-G di Austria, Ahad (10/1).

Rekor kali ini istimewa. Vonn menjadi perempuan satu-satunya pengubah catatan sejarah olahraga dengan papan seluncur di suhu ekstrem tersebut. Dilansir the Daily Mail awal pekan ini, rekor semula dipegang peselancar Ingemar Stenmark.  Peselancar asal Swedia itu memegang 73 kemenangan saat tampil di ajang serupa pada 1986 silam.

Stenmark memang peselancar kawak yang pernah menjadi ikon olahraga salju rentang era 1970-1980-an. Laki-laki yang kini berumur 59 tahun itu, pemegang medali emas Olimpiade 1980. Namun, Vonn juga bukan atlet biasa. Dia tampil dominan di era modern selancar es ketimbang peselancar perempuan lainnya saat ini. Vonn juga pernah menyabet medali emas di ajang Olimpiade 2010.

"Ini menjadi awal tahun yang sempurna. Saya punya kepercayaan diri untuk selalu tampil dengan kemenangan," ujar Vonn.

Hasil kompetisi Super-G di Austria pada akhir pekan lalu, Vonn mengalahkan para peselancar perempuan lainnya. Dia finis selama satu menit 12,75 detik mengalahkan peselancar asal Swiss, Lara Gut yang terpaut 0,7 detik. Sementara peselancar tuan rumah dari Austria, Cornelia Huetter berada di posisi ketiga dengan selisih 1,25 detik dari Vonn.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement