Sabtu 13 Feb 2016 11:42 WIB

Buffon Dinobatkan Kiper Terbaik Sepanjang Masa

Rep: Ali Mansur/ Red: Ani Nursalikah
Gianluigi Buffon
Foto: REUTERS/Stefano Rellandini
Gianluigi Buffon

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Kiper Juventus Gianluigi Buffon mendapatkan penghargaan sebagai penjaga gawang terbaik dunia sepanjang masa. Penobatan kiper tim nasional Italia itu diberikan oleh majalah ternama, France Football.

Kiper berusia 38 tahun itu mengalahkan kiper legendaris Uni Soviet, Lev Yashin. Buffon juga mengungguli mantan kiper Real Madrid Iker Casillas.

Dari survei yang dilakukan France Football terhadap para pembacanya, kiper yang mengawali kariernya bersama Parma itu muncul di peringkat teratas. Buffon mendapatkan suara mencapai 44 persen. Dalam survei itu, dia mengalahkan beberapa kiper terbaik dunia lainnya, seperti Fabian Barthez, Lev Yashin, Oliver Kahn, dan juga Iker Casillas.

Legenda hidup tim nasional Prancis, Fabien Barthez, berada di posisi kedua dengan suara 17 persen. Kemudian, di urutan ketiga dihuni si Laba-laba Hitam, julukan Lev Yashin, dengan suara tujuh persen, sama dengan yang diperoleh mantan kiper timnas Jerman, Oliver Kahn. Sementara, urutan selanjutnya dimiliki Casillas bersama Manuel Neuer dengan suara enam persen.

Meski usianya tidak muda lagi, Buffon masih menjadi andalan timnya, Juventus. Buffon sendiri bergabung dengan si Nyonya Tua sejak 16 tahun lalu.

Dalam hal prestasi, Buffon tak diragukan lagi, di antaranya raihan satu gelar prestisius Piala Dunia berhasil digenggam bersama timnas Italia. Kemudian, enam gelar scudetto dan satu gelar Piala UEFA juga didapatnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement