Senin 15 Feb 2016 21:07 WIB

Nama Legenda MU Diabadikan di Stadion Old Trafford

Rep: Kiki Sakinah/ Red: M Akbar
stadion Old Trafford, Manchester United, Inggris
Foto: Sadly Rachman/ROL
stadion Old Trafford, Manchester United, Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Sir Bobby Charlton, legenda sepak bola Inggris dan Manchester United (MU), bakal diabadikan namanya di salah satu bagian Stadion Old Trafford. Rencananya peresmian nama Sir Bobby di sisi selatan stadion itu akan dilakukan ketika MU menjamu Everton pada 2 April mendatang dalam lanjutan Liga Primer Inggris.

"Bobby, nama yang cukup sederhana. Ia adalah tokoh paling ikonik dalam sejarah sepak bola Inggris. Seorang pemain, diplomat, pria terhormat dan pekerja yang tak kenal lelah untuk amal. Ia mewakili segala sesuatu yang baik tentang sepak bola dan Manchester United," kata Wakil Ketua Eksekutif Ed Woodward, dalam laman resmi klub, Senin (15/2).

Dalam acara peresmian tersebut, dikabarkan bakal dihadiri sekitar 75 ribu penggemar. Selain itu, bakal hadir juga sejumlah tokoh kunci dari dunia sepak bola yang pernah bersinggungan dengan kehidupan Sir Bobby. 

Woodward mengatakan, pada stand selatan itu berisi ruangan direktur dan ruang ganti pemain lama. Menempatkan nama Sir Bobby di tempat itu, kata dia, menjadi penghargaan yang tepat untuk segala kontribusi yang bersangkutan kepada klub. Baik itu dari peran Bobby sebagai pemain juga direktur.

"Ini menjadi kehormatan untuk mengenal dia dan dengan rendah hati bekerja bersama dia selama 10 tahun terakhir," sambungnya.

Stand selatan Old Trafford ini merupakan satu-satunya bagian yang asli dari infrastruktur stadium sejak 1910. Nama itu diberikan 60 tahun setelah debut salah satu pemain terbesar MU dan di Inggris, direktur Sir Bobby Charlton.

Sir Bobby bergabung dengan Setan Merah sebagai pemain uji coba pada 1953 dan melakukan debutnya pada Oktober 1956. Selanjutnya, dia menciptakan 758 penampilan untuk klub, dengan mencetak rekor 249 gol.

Sampai saat ini, Sir Bobby juga dianugerahi kehormatan setelah mencetak gol terbanyak untuk Inggris, dengan 49 gol dalam 106 penampilan. Hingga kemudian, kapten Wayne Rooney memecahkan rekor saat melawan Swiss pada September 2015 lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement