Rabu 17 Feb 2016 17:13 WIB

Klopp Kembali ke Jerman

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah
Juergen Klopp
Foto: REUTERS/Phil Noble
Juergen Klopp

REPUBLIKA.CO.ID, AUGSBURG -- Juergen Klopp akan kembali ke Jerman. Bukan meninggalkan Liverpool melainkan mendampingi the Reds menghadapi Augsburg pada babak 32 besar Liga Europa di Stadion WWK Arena, Jumat (19/2) dini hari WIB.

Pertemuan dengan klub berjuluk Fuggerstädter mungkin akan terasa spesial bagi Klopp. Sebab ini akan jadi momen perdana bagi Klopp melawan klub Jerman sejak dipercaya melatih klub Inggris.

Klopp mulai melatih Liverpool pada Oktober 2015 lalu. Ia menggantikan pelatih the Kop sebelumnya Brendan Rogers. 

Melawan Augsburg tentu tidak aneh lagi bagi manajer berusia 48 tahun itu. Sebelum hijrah ke Inggris, ia adalah pelatih Borussia Dortmund selama tujuh musim yaitu dari 2008 sampai 2015.

Klopp juga sempat berjaya dengan Die Borussen dengan raihan dua trofi Bundesliga 2011 dan 2012.  Ia dipastikan hapal dengan gaya permainan klub asuhan Markus Weinzierl. 

Modal Si Merah jelang bertandang ke Jerman tidak hanya pada pengalaman Klopp. Liverpool sejatinya juga punya banyak catatan positif setiap kali bertemu klub-klub dari negeri Panzer.

Sebelumnya, anak-anak the Anfield Gank sudah 32 kali bersua tim-tim Jerman di berbagai ajang. Dari jumlah tersebut, Liverpool menang 15 kali, imbang 11 kali dan hanya enam kali kalah. 

Namun, catatan itu tidak terlalu baik bila Liverpool melakoni partai di Jerman. Di tanah kelahiran Adolf Hitler itu, Liverpool baru dua kali mengemas kemenangan, tujuh kali seri dan kalah lima kali. Catatan yang harus diperhatikan oleh Klopp agar mereka tidak terpuruk di hadapan pendukung setia Augsburg. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement