Senin 22 Feb 2016 01:35 WIB

Protes Pelatih Ganggu Laga Dortmund vs Leverkusen

Red: M Akbar
Pelatih Roger Schmidt.
Foto: Reuters
Pelatih Roger Schmidt.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Pierre-Emerick Aubameyang mencetak golnya yang ke-21 di liga saat Borussia Dortmund menang kontroversial 1-0 di markas Bayer Leverkusen pada Ahad (21/2), setelah wasit mengukir sejarah di Bundesliga Jerman dengan menghentikan permainan untuk sementara waktu.

Kebingunan menguap selama sekitar sembilan menit babak kedua di BayArena Leverkusen, ketika pelatih Bayer Roger Schmidt menolak diusir ke tribun oleh wasit Felix Zwayer di tengah situasi panas.

Schmidt (48) geram karena Dortmund diizinkan mengambil tendangan bebas pada proses terciptanya gol penentu kemenangan oleh Aubameyang pada menit ke-64, dan ia bersikukuh dengan pendiriannya.

Kontroversi dipicu ketika penyerang Leverkusen Stefan Kiessling didorong oleh pemain Dortmund Sven Bender di area pertahanan Borussia. Zwayer menghadiahi tendangan bebas, yang dengan cepat diambil oleh Matthias Ginter.

Permainan bergerak cepat dan bek Jerman Erik Durm mengirim operan yang menarik pertahanan Leverkusen untuk menciptakan ruang bagi Aubameyang untuk mengukir gol kemenangan.

Tim Leverkusen, dengan Kiessling dan Schmidt sebagai yang paling vokal, memprotes dengan marah karena beranggapan bahwa pertandingan semestinya dihentikan agar tendangan bebas itu dapat diambil.

Ketika Schmidt menolak perintah Zwayer yang mengirimnya ke tribun penonton, ofisial asal Berlin itu memerintahkan tim meninggalkan lapangan sampai pelatih Bayer tersebut duduk di tribun.

Ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah Liga Jerman, di mana suatu pertandingan harus dihentikan dengan situasi seperti itu.

Ketika pertandingan dilanjutkan, bintang Leverkusen Javier Hernandez menyia-nyiakan peluang emas pada masa tambahan waktu untuk menyamakan kedudukan, ketika tembakannya melambung di atas mistar gawang dengan gawang terbuka lebar di hadapannya.

Kemenangan kontroversial Dortmund ini membuat mereka tertinggal delapan angka dari pemuncak klasemen liga Bayern Munich, yang menang 3-1 atas Darmstadt pada Sabtu (20/2).

Thomas Mueller mencetak dua gol untuk mengeluarkan Bayern dari masalah pada pertandingan terakhir mereka sebelum bertanding dengan Juventus di Liga Champions, sebelum Robert Lewandowski menambahi gol ketiga untuk mereka.

Pada awal pertandingan, Bayern asuhan Pep Guardiola tertinggal terlebih dahulu ketika penyerang Darmstadt kelahiran Munich Sandro Wagner menanduk bola yang menjadi gol pada babak pertama.

Ini merupakan kelima kalinya di musim ini Bayern tertinggal terlebih dahulu. Namun menggunakan 81 persen penguasaan bola mereka dalam total mengoleksi 36 tembakan berbanding enam milik Darmstadt, pasukan Guardiola bangkit untuk mendulang kemenangan ke-19 mereka dari 22 pertandingan liga musim ini.

Bayern kemudian menyamakan kedudukan saat babak kedua memasuki menit keempat, ketika Mueller melepaskan tembakannya ke sudut atas kanan.

Ia menambahi gol kedua dengan proses yang indah -- gol ke-17nya di liga musim ini -- dengan menguasai umpan silang Arturo Vidal dengan dadanya dan melepaskan sepakan salto menuju gawang Darmstadt pada menit ke-71.

Lewandoski menambahi gol ketiga pada menit ke-84 ketika ia mengonversi umpan silang mendatar Franck Ribery setelah pemain Prancis itu masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua, pada penampilan ketiganya musim ini.

Itu merupakan gol ke-22 Lewandowski di musim ini dari 21 pertandingan liga, untuk membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak di liga.

Di tempat lain, masih segar dari kemenangan 3-2 mereka atas Gent di Liga Champions pada tengah pekan, Wolfsburg mendulang satu angka di ibukota saat bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah Hertha Berlin.

Wolves membuka keunggulan di Stadion Olympic ketika Marcel Schaefer mengonversi umpan silang Vieirinha pada menit ke-53, namun Salomon Kalou membalasnya pada menit ke-60.

Julian Nagelsmann, pelatih termuda sepanjang sejarah Liga Jerman yang masih berusia 28 tahun, membawa Hoffenheim meraih kemenangan ketiganya musim ini pada pertandingan kedua di bawah asuhannya dengan kemenangan 3-2 atas Mainz.

Hoffenheim masih berada di peringkat ke-17, namun kini hanya terpaut tiga angka dari zona aman setelah Werder Bremen, yang berada di peringkat ke-16, kalah 0-2 di markas Ingolstadt.

Para penggemar Cologne memprotes harga tiket pertandingan tandang di markas Borussia Moenchengladbach, ketika tuan rumah mengunci kemenangan 1-0 berkat gol Mahmoud Dahoud pada babak pertama.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement