Selasa 23 Feb 2016 12:28 WIB

Deddy Mizwar Ajak Warga Cina Sukseskan PON Jabar

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: M Akbar
Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar
Foto: Republika/ Edi Yusuf
Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Gubernur Jawa Barat sekaligus Wakil Ketua Umum PB PON XIX dan Peparnas XV/2016 Jabar Deddy Mizwar mengajak segenap warga Cina yang ada di Jawa Barat untuk turut mendukung dan menyukseskan ajang olahraga empat tahunan PON dan Peparnas.

Hal tersebut, disampaikan dalam malam perayaan Cap Goh Meh Tahun Baru Imlek 2567. Perayaan Tahun Baru Imlek 2567 yang digelar oleh Paguyuban Sosial Marga Cina Indonesia (PSMTI) Jawa Barat mengambil tema "PSMTI Jabar Merayakan Imlek dalam Mensukseskan Jabar Kahiji" di Taman Budaya Dago Tea House, Senin malam (22/2).

"Saatnya sekarang setiap warga Jawa Barat berkontribusi membuat sejarah menjadi juara umum PON ke-19,'' kata Deddy.

 

Pada kesempatan ini Deddy pun sangat mengapresiasi upaya PSMTI, baik secara individu maupun lembaga yang telah membantu dalam sosialisasi pelaksanaan PON XIX dan Peparnas XV/2016 Jawa Barat.

Terkait perayaan Tahun baru Imlek, Deddy memilki makna tersendiri. Dimana ketika kecil, setiap perayaan Tahun Baru Imlek selalu identik dengan Barongsai, Lampion, dan Kue keranjang. Namun, ada makna lebih dalam yang ia rasakan ketika datang Tahun baru Imlek yaitu beragamnya nilai seni dan budaya yang dihadirkan oleh masyarakat Cina.

''Jadi inilah salah satu contoh keberagaman yang dibangun dan itu sudah terbangun sejak lama,'' kata Deddy.

Kebudayaan masyarakat Cina Indonesia ini, kata dia, bisa berkembang dan menjadi bagian dari kehidupan bangsa Indonesia. "Saya kira ini perlu untuk terus dikembangkan, sehingga bisa meningkatkan toleransi diantara komponen bangsa Indonesia,'' kata Deddy.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement