Kamis 25 Feb 2016 07:06 WIB

FIFA Korting Hukuman Blatter dan Platini

Red: M Akbar
Presiden FIFA Sepp Blatter
Foto: ennio Leanza/Keystone via AP
Presiden FIFA Sepp Blatter

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Komite banding FIFA mengurangi skors terhadap Sepp Blatter dan Michel Platini menjadi enam tahun. Meski demikian keduanya tetap dianggap bersalah karena sudah melanggar etika.

Hasil banding ini diumumkan ketika sekretaris jenderal UEFA Gianni Infantino dan pemimpin sepak bola Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa meruncingkan rivalitas mereka untuk mengambil alih posisi pemimpin di badan sepak bola dunia yang dihantam skandal, Rabu (24/2) waktu setempat.

Skors terhadap Blatter, presiden FIFA selama 17 tahun, dan presiden UEFA Platini dikurangi dari delapan tahun menjadi enam tahun oleh komite banding. Keduanya dinyatakan bersalah akibat adanya konflik kepentingan. Blatter terbukti bersama menerima pembayaran senilai dua juta euro dari Platini pada 2011 untuk pekerjaan konsultasi tanpa kontrak yang telah selesai satu dekade sebelumnya.

Legenda sepak bola Prancis Platini difavoritkan untuk mengambil alih jabatan Blatter, namun skors yang dijatuhkan menghancurkan harapannya. "Banding Tuan Platini dan Tuan Blatter telah diselesaikan," kata komite etik dalam pernyataannya.

Namun pihaknya menentukan bahwa pengadilan etika FIFA tidak memperhitungkan "faktor-faktor pengurang yang kuat" ketika menentukan sanksi delapan tahun.

"Komite banding mempertimbangkan bahwa aktivitas-aktivitas Platini dan Blatter dan jasa-jasa yang telah mereka berikan kepada FIFA, UEFA, dan sepak bola secara umum selama bertahun-tahun semestinya menjadi pengakuan yang layak sebagai faktor pengurang."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement