Jumat 26 Feb 2016 05:55 WIB

Gebuk FC Midtjylland dengan Skor 5-1, MU Melenggang ke 16 Liga Europa

Marcus Rashford (kiri)
Foto: REUTERS/Russell Cheyne
Marcus Rashford (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United akhirnya melenggang ke babak 16 besar Liga Europa, usai 'membantai' FC Midtjylland dengan skor 5-1 dalam pertandingan yang digelar di Old Trafford pada Kamis malam waktu setempat.

The Red Devil menjalani laga wajib menang saat menjamu FC Midtjylland dalam leg ke-2 babak 32 besar Liga Europa. Pasalnya dalam pertandingan sebelumnya, MU harus mengakui tim asal Denmark itu dengan skor 2-1.

Hal tersebut nampaknya sedikit menjadi beban bagi anak asuh Louis van Gaal. Terbukti beberapa kali pertahanan MU mendapat gempuran dari para pemain FC Midtjylland. Beban MU semakin berat saat FC Midtjylland mencetak gol melalui Pione Sisto di menit ke-27.

Sisto berhasil melewati beberapa pemain bertahan MU, sebelum melepaskan tendangan yang mengarah pojok kiri gawang dan gagal dibendung oleh penjaga gawang MU, Romero. Unggul aggregat 3-1, para pemain Midtjylland semakin bernafsu menambah keunggulan, sementara pemain MU semakin terlihat tertekan.

Setelah beberapa kali mencoba membongkar pertahanan lawan, akhirnya MU mendapatkan gol penyeimbang setelah pemain Midtjylland Nikolay Bodurov yang salah mengantisipasi umpan silang melakukan bunuh diri. Skor pun berubah menjadi 1-1.

MU sebenarnya mempunyai kesempatan untuk mengandakan kedudukan dan menyamakan aggregat melalui tendangan penalti, setelah pemain mereka Andre Herrera dilanggar di dalam kotak terlarang. Namun Juan Mata yang menjadi algojo gagal melaksanakan tugasnya. Skor 1-1 pun bertahan hingga babak pertama usai.

Meski unggul aggregat, tidak membuat FC Midtjylland menerapkan strategi bertahan di babak kedua. Di awal babak kedua beberapa kali juara liga Denmark itu melancarkan serangan berbahaya ke jantung pertahanan MU.

Pemain muda MU Marcus Rashford yang diturunkan mengantikan Anthony Martial, menghidupkan peluang MU untuk bertahan di Liga Europa. Rashford menjadi motor kebangkitan MU di babak kedua, setelah ia mencetak gol di menit ke-63 dengan memanfaatkan umpan dari Juan Mata.

Rashford juga yang membuat publik Old Trafford akhirnya bersorak, setelah ia mencetak gol keduanya dalam pertandingan itu di menit ke-75 dengan memanfaatan kemelut di depan gawang Midtjylland. Skor pun berubah menjadi 3-1.

Berbalik unggul aggregat menjadi 3-2, membuat punggawa The Red Devil semakin santai dalam bermain. Di menit ke-87, MU kembali mendapatkan hadiah penalti setelah pemain Midtjylland, Kian Hansen melakukan hand ball. Andre Herrera yang menjadi algojo tidak membuang kesempatan tersebut, dan membawa MU unggul 4-1.

Perjuangan FC Midtylland untuk mengejar ketertinggalan semakin berat, Andre Romer mendapatkan kartu kuning kedua di menit ke-89. Tim asal Denmark itupun harus bermain dengan 10 orang.

Memphis Depay melengkapi kemenangan MU dengan mencetak gol melalui tendangan dari luar kotak penalti. MU pun mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 5-1 atas Midtjylland.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement