Ahad 28 Feb 2016 00:12 WIB

Atletico Jadi Pemenang Derby Madrid

Antoine Griezmann
Foto: REUTERS/Sergio Perez
Antoine Griezmann

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID—Real Madrid harus mengakui keunggulan tim tamu, Atletico Madrid 0-1 dalam laga derby Kota Madrid di Santiago Bernabeu, Sabtu (27/2). Gol Antoine Griezmann menjadi penentu kemenangan Atletico.

Hasil ini membuat Atletico kini mengumpulkan nilai 58 dan tetap berada di posisi kedua, unggul empat angka dari Real serta tertinggal lima poin dari Barcelona yang masih menyimpan satu laga sisa lebih banyak.

Real mengusung sepak bola menyerang dan atraktif, sementara Atletico sebaliknya, defensif dan pragmatis. Sepanjang laga, tim tuan rumah mampu terus mengurung pertahanan Atletico yang dipalangi oleh kiper muda, Jan Oblak.

Terbukti, Madrid mendikte jalannya laga dengan menguasai aliran bola hingga 69 persen. Ada 15 tembakan dilepaskan Madrid dengan tiga mengarah ke gawang. Sedangkan Atletico, bisa mencuri sembilan peluang dengan lima tembakan mengarah ke gawang.

 

Namun skor akhir justru pahit bagi tuan rumah, Madrid kecolongan satu gol yang tak bisa disamakan hingga akhir laga. Gol winger Atletico,  Antoine Griezmann di menit ke-53 mengubur Los Galaticos di kandang sendiri.

Jalannya laga langsung dibuka dengan inisiatif serangan dari Madrid. Kendali penuh Madrid di 15 menit babak pertama membuat Atletico harus repot menggalang pertahanan. Nyaris semua pemain Atletico berada di area pertahanan sendiri untuk menghalau gempuran Madrid. Los Rojiblancos hanya menyisakan Fernando Torres di depan.

Serangan Madrid mulai mengumbar bahaya, di menit ke-17 bek mereka Raphael Varane nyaris mengoyak gawang Ateltico. Namun, sundulan tariknya memanfaatkan tendangan bebas Amasih melambung tipis di atas mistar gawang.

Pada menit ke-32, Madrid lagi-lagi membuat tembok pertahanan Atletico nyaris roboh. Kali ini via mega bintang mereka Cristinao Ronaldo. Sepakan bebasnya yang tajam mampu meluncur deras ke gawang Atletico. Akan tetapi, bola mampu ditepis oleh Oblak. Bola muntah lalu mengarah ke kaki Kairm Benzema, namun sepakan striker Madrid itu tak menemui sasaran.

Atletico mulai keluar menyerang. Pada menit ke-41, winger mereka yang sedang naik daun, Antoine Griezmann nyaris membuat publik Bernabeu bungkam. Namun, sepakan kerasnya mampu ditepis kiper Madrid, Keylor Navas.

Lagi-lagi Atletico memberikan acaman. Namun lagi-lagi pula, Navas tampil mengesankan. Kali ini sepakan jarak jauh Koke yang ia mentahkan susah payah. Hingga akhir babak pertama, skor kaca mata tak berubah

Pada babak kedua, Madrid kembali mengambil inisiatif serangan. Tiga menit sejak peluit ditiupkan, Ronaldo nyaris membuka keunggulan. Mendapat umpan manis dari Modric, Ronaldo sanggup mengontrol bola. Namun sepakan menyusur tanahnya masih melebar ke sisi kiri gawang.

Pukulan bagi tuan rumah terjadi. Pada menit ke-53, Griezmann akhirnya mampu menjebol gawang Madrid. Skema parkir bus Atletico benar-benar ampuh. Memanfaatkan serangan balik, umpan satu-dua Griezmaan dengan Felipe Luis mampu menaklukkan Navas karena bola bergulir deras ke sisi kiri gawang.

Pelatih Real Zinedine Zidane mulai gerah, Rodriguez yang memang tampil kurang cemerlang langsung ditarik keluar pada menit ke-57. Gelandang muda Madrid, Lucas Vázquez Iglesias lalu masuk untuk ambil bagian.

Usai gol pertama, Atletico makin berani menekan. Sebuah peluang emas pun lahir di menit ke-66. Diawali sodokan Griezmann, bola lalu ia kirimkan ke Saul yang sudah berdiri di depang gawang. Namun sekali lagi, Navas mampu membloknya.

Tak lama, tepatnya di menit ke-68, Ronaldo kembali membuat gebrakan. Tapi sundulan tariknya hasil menerima umpan Carvajal masih bisa diamankan Oblak. Dua menit setelah nyaris menyamakan kedudukan, Zidane kembali bereaksi. Kali ini dia menarik keluar Isco dan memasukan striker, Jese Rodriguez.

Oblak kembali menjadi bintang timnya. Pemain pengganti Madrid, Mayoral di menit ke-71 nyaris merobek gawang Atletico. Namun kiper muda asal Slovenia itu bisa menepisnya. Nyaris.

Peluang terakhir didapatkan oleh Madrid via Danilo. Sepakannya nyaris membobol gawang Atletico setelah sepakn kencangnya deras mengarah. Namun, kembali, Oblak tampil jadi bintang dengan melakukan tepisan.

Hingga peluit akhir dibunyikan, Simeone mampu memberikan kekalahan pertama bagi Zidane dalam laga kesembilannya sejak menukangi Madrid Januari lalu.

Madrid : Keylor Navas ; Raphael Varane, Sergio Ramos, Daniel Carvajal, Toni Kroos, Danilo, James Rodriguez (Lucas Vazquez 57’), Luka Modric, Isco (Jese Rodriguez 70’’), Cristiano Ronaldo, Karim Benzema (Borya Mayoral 46’). 

Atletico: Jan Oblak ; Filipe Luis, Diego Godin, Juanfran, , Jose Gimenez, Koke, Augusto Fernandez (Matias Kranevitter 77’), Gabi, Saul Niguez, Antoine Griezmann, Fernando Torres (Angel Correa 81’)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement