Senin 14 Mar 2016 01:20 WIB

Martial Jaga Asa MU di Piala FA

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
Anthony Martial
Foto: REUTERS/Andrew Yates
Anthony Martial

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER—Laga babak perempatfinal Piala FA, antara Manchester United (MU) dan West Ham United Ahad (13/3) berakhir 1-1. Pada laga tersebut, West Ham unggul lebih dulu via sepakan Dimitri Payet menit ke-68 lalu dibalas MU melalui Anthony Martial menit ke-83.

Dengan hasil ini, maka MU dan West Ham harus menjalankan laga ulangan di Stadion Upton Park pekan depan.

Jalannya laga diawali dengan serangan kejut dari West Ham via Emmanuel Emenike pada menit ke-5. Umpan terobosan dari Andy Caroll nyaris bisa dimanfaatkan Emenike untuk menjadi gol. Dibayangi oleh bek MU, Chris Smalling, Emenike melepaskan sepakan menyusur tanah namun masih melebar.

Empat menit kemudian, giliran Caroll yang beraksi. Umpan tarik dari sayap kiri langsung disambut tandukkan tarik olehnya. Akan tetapi, bola yang meluncur deras melayang di atas mistar gawang United.

Lagi-lagi Emenike menebar ancaman, kali ini di menit ke-19. Gelandang asal Nigeria ini menyundul bola tanpa kawal di kotak 16 belas MU. Tapi bola berhasil ditangkap dengan baik oleh penjaga gawang United, David De Gea.

Semenit kemudian MU merespons, umpan silang Athony Martial disambut sepakan first time oleh Ander Herrera. Tapi sepakan kencangnya kaki kirinya tak menemui sasaran.

Menit ke-29, MU kembali menyengat, usaha Marcus Rojo mengirim bola hasil giringannya dari sisi kiri nyaris membuka keunggulan MU.

Pemain muda United Marcus Rashford yang menerima umpan melepaskan tembakan tapi membentur tiang gawang West Ham.

Memasuki babak kedua, MU langsung mengambil inisiatif serangan. Pada menit ke-53, usaha keras MU nyaris membuahkan hasil.

Sepakan Herrera, membentur tangan pemain West Ham, Michail Antonio. Tapi klaim Herrera akan hadiah penalti tak digubris oleh wasit Matt Atkinson.

Kejutan diberikan oleh West Ham di menit ke-68. Tendangan bebas gelandang West Ham, Dimitri Payet menembus adangan De Gea. Sepakannya mampu melambung melewati pagar betis United dan mengarah ke pojok kanan gawang MU. Bola sempat membentur tiang namun pantulannya mengarah masuk tanpa bisa ditahan oleh De Gea.

MU merespons, masuknya Bastian Schweinsteiger menggantikan Ander Herrera dan Memphis Depay untuk Maroune Fellaini membuat serangan United lebih tajam.

Hasilnya, Anthony Martial sanggup membobol gawang West Ham kawalan Darren Randolph. Memanfaatkan umpan silang dari Herrera, sepakan kaki kiri Martial bebruah gol pada menit ke-83.

The Hammers nyaris pulang ke London dengan senyuman. Payet kembali mencetak gol pada menit ke-93 jelang peluit akhir. Namun sayang, gol tersebu dianulir karena terlebih dulu terjadi offside. 

 

 

Manchester United: De Gea, Varela, Smalling, Blind, Rojo, Carrick, Fellaini, Rashford, Herrera, Lingard, Martial.

Cadangan : Romero, Darmian, Williams, Schneiderlin, Schweinsteiger, Januzaj, Memphis.

West Ham United: Randolph; Antonio, Reid, Ogbonna, Cresswell, Kouyate, Noble (c), Emenike, Lanzini, Payet, Carroll.

Cadangan : Adrian (GK), O'Brien, Song, Obiang, Moses, Sakho, Valencia

 

 

 

(Gilang Akbar Prambadi)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement