Senin 11 Apr 2016 17:00 WIB

PSSI Sumsel Gelar Turnamen Sepakbola Wanita

Rep: Maspril Aries/ Red: M Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumatera Selatan (Sumsel) untuk pertama kalinya menyelenggarakan turnamen sepakbola wanita yang akan berlangsung 18 - 22 Mei 2016. Turnamen yang bertajuk 'Women Tournament 2016' akan memperbutkan Piala Eliza Alex Noerdin Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel.

Panitia pelaksana yang dipimpin ketua pelaksana turnamen Weny Ramdiastuti bersama Ketua Asprov PSSI Sumsel Musni Wijaya dan Sekretaris Asprov PSSI Augie Bunyamin, Senin (11/4) melakukan audiensi dengan Eliza Alex Noerdin melaporkan pelaksanaan turnamen yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Kartini dan Hari kebangkitan Nasional tersebut.

Eliza Alex yang didampingi Tartila Ishak menyatakan mendukung pelaksanaan turnamen tersebut. ''Ini turnamen sepakbola wanita pertama yang diselenggarakan di Sumatera Selatan, Tim Penggerak PKK provinsi bersama tim penggerak PKK kabupaten dan kota akan mendukung terlaksananya turnamen ini,'' katanya.

Menurut Weny Ramdiastuti, turnamen Piala Eliza Alex Noerdin akan menjadi pendorong lahirnya klub atau tim sepakbola perempuan di Sumatera Selatan. ''Sampai saat ini sudah ada sembilan tim yang terdaftar dipanitia, tiga diantaranya klub dari kota Palembang dan sisanya dari kabupaten dan kota lainnya di Sumsel,'' ujarnya.

Sembilan tim yang telah mendaftar diantaranya, Persigatra, Universitas PGRI Palembang, Numa FC, PS Kowad, Putri Buana dari Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), PS Lubuklinggau, PS Musi Rawas, dari Banyuasin dan Sungai Lilin. Seluruh pertandingan turnamen Piala Eliza Alex Noerdin menurut ketua panitia akan berlangsung di stadion Bumi Sriwijaya, Palembang.

Pada turnamen Piala Eliza Alex Noerdin yang pertama tersebut menurut Ketua Asprov PSSI Sumsel, juara pertama akan memperoleh piala bergilir dan piala tetap serta uang pembinaan Rp20 juta. Juara kedua memperoleh piala dan uang pembinaan Rp15 juta dan juara ketuiga memperoleh piala dan uang pembinaan Rp10 juta.

''Juga ada penghargaan untuk pemain terbaik uang Rp2,5 juta dan pemain top skor juga uang Rp2,5 juta,'' katanya.

Menurut Musni Wijaya, turnamen Piala Eliza Alex Noerdin akan menjadi program Asprov PSSI Sumsel dalam pembinaan sepakbola wanita.

''Untuk pelaksanaan yang pertama masih melibatkan tim atau klub yang berada di Sumatera Selatan. Pada turnamen yang kedua, kita rencanakan akan diperluas, kita akan undang tim dari luar Sumsel, mungkin tingkat regional se-Sumatera bagian Selatan,'' katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement