Sabtu 30 Apr 2016 11:08 WIB

Persib Ingin Tancap Gas di Awal ISC

Rep: Ali Mansur/ Red: Fernan Rahadi
Tim Persib Bandung Torabika Soccer Championship 2016 Foto: Yogi Ardhi
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Tim Persib Bandung Torabika Soccer Championship 2016 Foto: Yogi Ardhi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung harus mengawali Indonesia Soccer Championship (ISC) A dengan laga  berat menjamu Sriwijaya FC. Laga yang dihelat di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (1/5) petang itu dipastikan bakal berjalan sengit. 

Maung Bandung, yang menargetkan juara turnamen, tak ingin menyia-nyiakan status tuan rumah untuk meraih poin penuh. Sementara Sriwijaya juga tidak ingin pulang dengan tangan hampa. Apalagi skuat Laskar Wong Kito juga berhasrat menuntaskan dendam atas pertemuan terakhirnya.

Dua kali dalam dua turnamen Sriwijaya FC dilukai oleh Maung Bandung. Pertama pada laga pamungkas Piala Presiden beberapa bulan lalu. Saat itu Sriwijaya takluk di tangan Persib dengan skor 0-2 pada partai puncak yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Terakhir, kekalahan dialami Sriwijaya dari Persib pada babak penyisihan Grup A Piala Bhayangkara. Akibat kekalahan itu, Sriwijaya gagal menjadi tuan rumah pada babak perempat final.

Pelatih anyar Persib Bandung, Dejan Antonic, menegaskan timnya bakal mengamankan poin penuh saat menjamu Laskar Wong Kito. Dia juga yakin anak asuhnya sudah 100 persen siap tempur untuk meraih kemenangan di laga perdana ISC A. Apalagi skuat Maung Bandung bakal bermain di depan ribuan pendukung sendiri. Hal itu tentu bisa menjadi suntikan moral bagi para pemainnya.

"Saya pikir laga ini akan menjadi laga berat bagi kami. Sriwijaya FC bernafsu untuk mengalahkan kami di Si Jalak Harupat. Mereka memiliki ambisi besar untuk bisa mencuri poin,"  ujar Dejan Antonic beberapa waktu lalu.

Meski demikian, Dejan Antonic menyadari laga perdana tidaklah mudah untuk semua tim, termasuk Persib Bandung, mengingat kemenangan di laga perdana akan sangat penting untuk laga selanjutnya. Apalagi Sriwijaya memiliki kualitas yang sangat bagus karena akan diperkuat oleh pemain-pemain berpengalaman dan sejumlah penggawa eks  Persib.

Hal senada juga diungkapkan oleh striker Persib Roberto Pugliara. Menurut pemain asal Argentina ini, Sriwijaya akan menjadi lawan yang sulit ditaklukkan. Selain itu, Persib dituntut bermain maksimal untuk bisa merebut tiga poin penuh di kandang.

"Pasti berat. Tidak ada yang gampang menghadapi turnamen ini. Kita tahu berat melawan Sriwijaya. Mereka tim bagus. Namun saya yakin kalau kompak kami bisa menang," kata Pugliara.

Di sisi lain, pelatih baru Sriwijaya FC, Widodo C Putro, mengingatkan kepada para pemainnya untuk bermain tenang meskipun bakal berada di bawah tekanan para pendukung Persib. Widodo menegaskan timnya tak akan gentar menghadapi jawara Liga Super Indonesia (ISL) musim 2014 lalu itu. Bahkan tim sangat ingin membuktikan kekuatan dengan mempermalukan Maung Bandung di depan ribuan pendukungnya sendiri.

Apalagi Widodo berambisi membawa Firman Utina dan kawan-kawan berprestasi di ajang garapan PT Gelora Trisula Semesta (PT GTS) ini itu. Ia juga siap didepak dari kursi kepelatihan seandainya gagal membawa Sriwijaya FC berprestasi di ISC A. "Tidak ada yang perlu ditakuti dari Persib Bandung, kami siap raih poin penuh di Bandung," kata mantan pemain Tim Nasional Indonesia itu.

Menghadapi Persib Bandung, Widodo akan mengandalkan mantan penggawa Persib Bandung, seperti Firman Utina dan Ahmad Jufrianto.

Prediksi Susunan Pemain

Persib Bandung (4-4-2): I Made Wirawan; Yanto Basna, Vlado, Hermawan, Jasuk; Kim Jeffrey, Hariono, Robertino, Atep; David Laly, JC Belencoso

Sriwijaya FC (4-4-2): Yogi Triana; Supardi, Fachrudin, Ngurah Nanak, Ahmad Jufrianto; Firman Utina, Yu Hyun Koo, Eka Ramdhani, Beto Goncalves; Hilton Moreira, TA Musafry

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement