Kamis 05 May 2016 19:03 WIB

Sumsel Tuan Tumah Asian Triathlon Championships 2017

Rep: Maspril Aries/ Red: Achmad Syalaby
jakabaring
Foto: www.kaskus.co.id
jakabaring

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Satu tahun menjelang pelaksanaan Asian Games XVIII – 2018, Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) akan menjadi tuan rumah Asian Triathlon Championships 2017. 

“Pada bidding tuan rumah Asian Triathlon Championships 2017 yang berlangsung di Hiroshima, Jepang dalam Kongres 25th Asian Triathlon Confederation 1 Mei 2016 yang lalu, Indonesia yang diwakili Sumatra Selatan berhasil unggul dari Kazakhtan,” kata Alex Noerdin Gubernur Sumsel, yang didampingi Asisten III Sekretaris Daerah (Sekda) Achmad Najib, Kamis (5/5).

Pada kongres 25th Asian Triathlon Confederation (ASTC) tersebut utusan Sumsel yang bergabung dalam delegasi Indonesia diwakili Asisten III Sekda Achmad Najib dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumsel Achmad Yusuf Wibowo dengan dipimpin Presiden Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Mark Sungkar.

Menurut Achmad Najib, terpilihnya Sumsel mewakili Indonesia menjadi tuan rumah Asian Triathlon Championships 2017 merupakan  prestasi luar biasa. Dia melanjutkan, pertandingan akan dilaksanakan di komplek Jakabaring Sport City. 

“Saat kita presentasi komplek Jakabaring Sport City dengan berbagai fasilitasnya, peserta kongres terkagum-kagum dengan fasilitas olahraga yang terintegrasi dalam satu komplek,” katanya.  Cabang olahraga triathlon Asian Triathlon Championships 2017 merupakan gabungan dari tiga cabang olahraga yakni, renang, balap sepeda dan lari.

Sementara itu menurut Achmad Yusuf Wibowo, pada ASTC Triathlon Asian Championship 2016 yang berlangsung di Hatsukaichi, Hiroshima bersamaan dengan Kongres 25th ASTC, kontingen Indonesia mengirimkan tiga atlet, salah satunya atlet lari Sumsel Jauhari Johan.

Pada ASTC Triathlon Asian Championship 2016 gelar juara diraih atlet Jepang Hirokatsu Tayama dengan waktu 01:55:16. Sementara itu Jauhari Johan berada pada peringkat 27 dengan waktu 02:05:22. Dua atlet Indonesia lainnya, Andy Wibowo  berada pada peringkat 29 dan Oscar Feryanto berada pada peringkat 34.

“Untuk kategori atlet Southeast Asia atau Asia Tenggara, atlet kita Jauhari Johan berada pada peringkat ketiga di bawah dua atlet Filipina Nikko Byan Huelgas dan John Chicano. Pada ASTC Triathlon Asian Championship 2016 dua atlet Filipina itu berada pada peringkat 20 dan 26,” kata Achmad Yusuf. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement