Rabu 25 May 2016 12:38 WIB

Guardiola Dinilai Lebih Cocok Melatih MU Ketimbang Mourinho

Rep: Kiki Sakinah/ Red: M Akbar
Eric Cantona
Foto: guardian.co.uk
Eric Cantona

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Legenda Manchester United, Eric Cantona, menilai mantan timnya itu telah mengambil langkah keliru dengan mendatangkan Jose Mourinho sebagai pelatih.

Cantona, sosok pemain yang identik dengan keberhasilannya dengan MU di bawah Sir Alex Ferguson, ini berpikir gaya bermain sepak bola dari Guardiola lebih cocok dengan tradisi Setan Merah. Cantona menciptakan 143 penampilan selama lima tahun berkarir di MU.

Mourinho diperkirakan akan dikukuhkan sebagai pengganti Louis van Gaal di Old Trafford dalam beberapa hari ke depan. Mantan pelatih Chelsea itu akan melanjutkan persaingannya dengan Pep Guardiola, yang telah mengambil alih rivalnya Manchester City pada musim panas mendatang.

Cantona mengakui dia menyukai kepribadian dan semangat yang dimiliki Mourinho, termasuk selera humornya. Menurutnya, Mourinho sangat cerdas dan menuntut total dari penampilan para pemainnya. Meski demikian, Cantona tidak berpikir bahwa tipe sepakbola yang dibawakan Mourinho disukai oleh para pendukung MU. Sekalipun jika MU menang bersama Mourinho.

"Dia bisa menang dengan Manchester United. Tapi yang mereka harapkan jenis sepak bola itu, bahkan jika mereka menang? saya tidak berpikir begitu," kata Cantona, dilansir dari Sky Sports, Rabu (25/5).

Sementara itu, mantan pesepakbola timnas Prancis ini menilai Pep Guardiola merupakan salah satu sosok yang bisa membawakan jenis sepakbola sesuai tradisi MU. Menurutnya, Guardiola adalah putra spiritual dari legenda sepakbola asal Belanda, Johan Cruyff. 

"Saya akan senang melihat Guardiola di Manchester United. Dia satu-satunya sosok yang akan mengubah MU. Dia ada di Manchester, tapi dengan pelatih yang salah," lanjutnya.

Cantona menambahkan ia akan senang untuk kembali ke Old Trafford sebagai pelatih suatu hari nanti. Dengan Guardiola di City, Cantona juga mengklaim dirinya bisa menjadi sosok yang membawakan kemenangan dengan sepakbola yang indah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement