Selasa 31 May 2016 15:50 WIB

Interaksi Netizens Indonesia soal Liga Champions Kalahkan Spanyol

Rep: Febrian Fachri/ Red: M Akbar
 Pesepakbola Real Madrid merayakan kemenangan setelah tampil sebagai juara Liga Champions di Stadion San Siro, Milan, Ahad (29/5).  (AP/Manu Fernandez)
Pesepakbola Real Madrid merayakan kemenangan setelah tampil sebagai juara Liga Champions di Stadion San Siro, Milan, Ahad (29/5). (AP/Manu Fernandez)

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Jejaring sosial media Facebook merilis data tentang jumlah interaksi orang-orang tentang final Liga Champions yang mempertemukan Real Madrid dan Atletico Madrid.

Sebelum dan sesudah final Liga Champions yang dilaksanakan di Stadion San Siro Kota Milan, Ahad (29/5) dini hari WIB itu, Facebook mencatatkan ada 74 juta interaksi yang membahas laga yang juga bertajuk derbi Madrileno itu. Interaksi tersebut dilakukan oleh 27 juta orang di seluruh dunia.

Dikutip dari Marca, Selasa (31/5) negara penduduknya paling banyak terlibat adalah Brasil. Negeri Samba menyumbang 2,9 juta orang yang melakukan interaksi sebanyak 6,8 juta kali di Facebook.

Peringkat kedua adalah Meksiko. Di negara berjuluk El Tri itu tercatat ada 2,7 juta orang yang melakukan interaksi di Facebook tentang Liga Champions. Dan jumlah interaksi yang dilakukan rakyat Meksiko melebihi jumlah interaksi raykat Brasil, yakni  7,5 juta kali.

Lalu Indonesia ada di peringkat tiga penyumbang terbanyak. Indonesia ada 1,9 juta manusia yang berinteraksi atau menuliskan berbagai argumen tentang final perebutan Si Kuping Besar. Di mana jumlah interaksi penduduk dari Sabang sampai Merauke tercatat mencapai 5,3 juta kali.

Sementara Spanyol yang merupakan negara asal dua klub finalis Liga Champions hanya ada di peringkat empat. Di negeri Matador, hanya 1,4 juta orang yang berinteraksi di Facebook tentang final Liga Champions. Jumlah interaksi mereka adalah 3,5 juta kali.

Peringkat lima adalah Amerika Serikat. Di negeri Paman Sam, 1,2 juta orang melakukan sebanyak 3,2 juta interaksi.

Berikut hal-hal yang paling banyak diperbincangkan netizen mengenai final Liga Champions:

1. Penalti terakhir yang dieksekusi Cristiano Ronaldo yang membuat Madrid merebut gelar Liga Champions ke 11

2. Gol pembuka yang dicetak oleh kapten Madrid Sergio Ramos. Gol Ramos ini sedikit berbau kontroversi karena berbau offside

3. Mengenai kick off pertandingan final Liga Champions

4. Gol penyama kedudukan yang dicetak gelandang Atletico Yannick Ferreira Carrasco

5. Mengenai 30 menit perpanjangan waktu pertandingan karena skor 1-1 bertahan sampai 90 menit

Dari beberapa hal yang banyak dibicarakan ini, Facebook menyebut Cristiano Ronaldo adalah nama yang paling banyak diperbincangkan di sosial media facebook tentang final Liga Champions 2015-2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement