Selasa 31 May 2016 19:40 WIB

Episode Kasus Penggelapan Pajak Lionel Messi Berlanjut

Lionel Messi
Foto: Reuters/Sergio Perez
Lionel Messi

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID  --  Pemain Terbaik Dunia lima kali yang berseragam Barcelona Lionel Messi menjalani persidangan pada Selasa (31/5). Bersama dengan ayahnya, Messi akan menjalani persidangan terkait tudingan-tudingan merugikan negara Spanyol senilai jutaan euro.

Penyerang kelahiran Argentina itu dan ayahnya Jorge Horacio Messi, keduanya menolak tudingan-tudingan penggelapan pajak tersebut. Messi dan ayah akan hadir di pengadilan Barcelona pada Kamis (2/6), menurut dokumen pengadilan.

Episode kasus penggelapan pajak Messi ini berlanjut. Pengadilan sebelumnya memutuskan Messi, mengetahui dan menyetujui pembentukan jaring shell company (perusahaan tidak aktif yang digunakan untuk berbagai manuver keungan) yang diduga digunakan untuk menggelapkan pajak dari pemasukan melalui hak-hak citra.

Kantor pajak Spanyol pada 2013 menuding kedua orang itu telah merugikan pemerintah sebesar 4,2 juta euro antara 2007 sampai 2009. Menurut kantor kejaksaan, yang mengajukan hukuman penjara sampai 22 bulan, pemasukan disembunyikan melalui beberapa shell company di Uruguay, Belize, Swiss, dan Inggris.

Messi dan ayahnya membayar lima juta euro kepada otoritas pajak sebagai pendekatan korektif setelah diselidiki secara formal pada Juni 2013. Messi telah menjadi penduduk Barcelona sejak 2000 dan memiliki kewarga negaraan Spanyol sejak 2005.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement