Rabu 01 Jun 2016 09:09 WIB

Conte Mengaku Sedih Harus Coret Sejumlah Pemain

Rep: Frederik Bata/ Red: Israr Itah
Antonio Conte
Foto: REUTERS/Darrin Zammit
Antonio Conte

REPUBLIKA.CO.ID, FIRENZE -- Pelatih Italia Antonio Conte sudah menetapkan 23 nama untuk bertarung di Piala Eropa. Hampir tidak ada kejutan berarti.

Masih ada beberapa penggawa senior yang konsisten berada di level atas. Di antaranya, Gianluigi Buffon, Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli, Giorgio Chiellini, Daniele De Rossi, dan Antonio Candreva.

Namun, untuk memilih 23 orang ini, Conte mengaku mengambil keputusan sulit. Yakni ketika ia harus menyisihkan sejumlah nama yang bertarung selama kualifikasi dan masuk skuat sementara.

"Sangat menyedihkan meninggalkan begitu banyak pemain yang telah memberikan segalanya selama dua tahun terakhir, tapi pilihan harus dibuat," kata eks pelatih Juventus kepada Rai TV, dikutip dari Football Italia, Rabu (1/6).

Ia memahami tentu ada kekecewaan di benak pemain yang dicoret pada detik-detik terakhir. "Karena mereka telah membuktikan diri sebagai pemain besar dan hebat," ujar Conte menegaskan.

Selanjutnya, Gli Azzurri, kata dia, harus berpikir ke depan. Ada turnamen besar menunggu. 

Italia tergabung di Grup E bersama Belgia, Republik Irlandia, dan Swedia. Conte mengakui Belgia favorit di kelompok ini. "Mereka memiliki banyak pemain hebat dan berbakat," tutur allenatore 46 tahun ini.

Namun menurutnya status favorit di atas kertas jadi persoalan berbeda. Sepak bola, kata Conte, akan ditentukan lewat pertarungan di atas rumput.

"Kami harus membuktikan kami tidak kalah dengan tim manapun," ujar pelatih yang mulai musim panas ini resmi menangani Chelsea FC itu.

 Baca juga: Buffon: Italia Bisa Mengejutkan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement