Selasa 14 Jun 2016 13:23 WIB

Uruguay Raih Kemenangan Hiburan

Mathias Corujo (kiri) merayakan golnya ke gawang Jamaika bersama rekan-rekannya.
Foto: REUTERS/John Hefti-USA TODAY Sports
Mathias Corujo (kiri) merayakan golnya ke gawang Jamaika bersama rekan-rekannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Uruguay meraih kemenangan hiburan pada Copa America Centenario 2016 dengan mengalahkan Jamaika 3-0, Selasa (14/6). Walau menang, Uruguay sudah dipastikan tak lolos ke perempat final mewakili Grup C.

Dalam laga yang berlangsung di Levi's Stadium Santa Clara, Kalifornia AS, Uruguay mencetak dua gol dari Abel Hernandez pada menit ke-21 dan Mathias Corujo pada menit ke-88.

Tambahan satu gol Uruguay tercipta karena gol bunuh diri Je-Vaughn Watson pada menit ke-66. Watson yang berusaha mengawal Hernandez justru terkena bola umpan Lodeiro dari sektor kiri Uruguay. Bola pun langsung memantul ke arah gawang Blake tanpa mampu diredam Watson.

Tim Los Charruas sejak babak pertama terus mendesak anak-anak asuhan Winfried Schafer pada 20 menit awal. Hernandez dan Edinson Cavani tiga kali menembus pertahanan Taylor, Morgan, dan kawan-kawan. Tapi, belum satu pun gol tercipta.

Pada babak kedua, Cavani semakin menggila dengan sepakan-sepakannya meski tidak menciptakan skor untuk Uruguay. Cavani pun sempat memprotes saat wasit Lamouroux tidak menjatuhkan hukuman penalti karena pemain belakang Jamaika Taylor menabraknya di kotak penalti.

Namun, kegagalan Cavani dibalas Mathias Corujo Diaz yang sempat berhadapan dengan sang penjaga gawang Blake sesaat sebelum melesatkan bola. Tendangan Corujo menambah dominasi tim negara Amerika Selatan atas tim negara Karibia itu.

Kedua tim, baik Uruguay maupun Jamaika, tidak lolos ke babak delapan besar. Tapi, Uruguay setidaknya membuktikan kemampuan mereka untuk menghasilkan gol. Catatan statistik dalam situs resmi Piala Amerika pun menunjukkan tembakan ke arah gawang oleh pemain-pemain Uruguay sebanyak 14 dibanding enam tembakan arah gawang oleh pemain Jamaika.

Catatan penguasaan bola, umpan, serta tendangan pojok kedua tim hampir seimbang.

Sementara itu Meksiko dan Venezuela yang telah mengumpulkan masing-masing tujuh poin, akan menjadi wakil Grup C dalam putaran perempat final yang berlangsung Ahad (19/6) WIB.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement